×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Sisi lain Masjid Al Aqsa, tempat awal Rasulullah Isra Miraj

View Image

0

BRILIO » Wow

7 Sisi lain Masjid Al Aqsa, tempat awal Rasulullah Isra Miraj

Isra Miraj diperingati umat muslim hari ini.

(brl/pep)

03 / 04 / 2019 06:05

Brilio.net - Pada 3 April hari ini, umat muslim akan memperingati peristiwa Isra Miraj. Peristiwa Isra Miraj adalah peristiwa perjalanan Nabi Muhammad dari Mekah menuju Yerusalem sebelum menuju langit pada abad ke-7.

Peristiwa Isra Miraj sangat penting bagi umat Islam. Sebab, perintah salat lima kali dalam sehari dipercaya berawal dari peristiwa ini.

Masjid Al Aqsa di Yerusalem menjadi saksi bisu peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Umat muslim memercayai Nabi Muhammad singgah di masjid ini saat peristiwa tersebut.

Biar kamu lebih tahu tentang masjid bersejarah ini, berikut brilio.net merangkum tujuh sisi lain Masjid Al Aqsa, Selasa (2/4).

1. Mimbar buatan orang Jepara.

Loading...

masjid al aqsa istimewa

foto: wdl.org

Masjid Al Aqsa sempat mengalami kebakaran pada 1969 yang membuat mimbar di dalamnya terbakar. Dikabarkan Adara Relief International, tiga dari lima orang yang ditugaskan untuk membuat mimbar pengganti Masjid Al Aqsa adalah orang Jepara, Jawa Tengah.

2. Diperebutkan dan pernah hancur.

masjid al aqsa istimewa

foto: alaraby.co.uk

Berada di Tanah Suci Yerusalem, Masjid Al Aqsa diperebutkan oleh tiga umat, yakni Yahudi, Kristen, dan Islam. Beberapa kali masjid ini hancur akibat peperangan. Selain itu, Masjid Al Aqsa juga pernah hancur karena gempa bumi pada abad ke-7 yang menyebabkan kerusakan parah.

3. Menginspirasi nama Kota Kudus.

masjid al aqsa istimewa

foto: walisembilan.com

Al Quds adalah tempat di mana Masjid Al Aqsa berada. Masjid ini berada di sebuah bukit bernama Moria. Salah seorang Wali Songo, Syekh Jafar Shodiq atau Sunan Kudus terinpirasi dengan dua nama tempat tersebut. Kemudian ia menamai kota di Jawa Tengah dengan nama Kudus. Begitu pula di Kudus juga ada tempat yang dinamai Gunung Muria.

4. Pernah dijadikan tempat sampah.

masjid al aqsa istimewa

foto: nu.or.id

Saat Kerajaan Romawi menguasai wilayah Yerusalem, kompleks Masjid Al Aqsa pernah dijadikan tempat sampah. Sekembalinya Masjid Al Aqsa dari pendudukan Romawi, masjid dibersihkan kembali.

5. Kubah pertama di dunia.

masjid al aqsa istimewa

foto: wikipedia.org

Kubah di Dome of Rock yang masih satu kompleks dengan Masjid Al Aqsa disebut sebagai kubah pertama di dunia. Mulanya kubah hanya dari kayu yang dilapisi keramik. Kemudian kubah dilapisi lapisan marmer. Di dalam Dome of Rock, terdapat batu yang diyakini sebagai pijakan Nabi Muhammad sebelum naik ke langit.

6. Kiblat pertama umat muslim.

masjid al aqsa istimewa

foto: muslimgirl.com

Sebelum Kakbah, Masjid Al Aqsa merupakan kiblat pertama umat muslim. Saat perintah salat diturunkan, Nabi Muhammad menghadap ke Masjid Al Aqsa saat salat.

7. Tidak hanya satu masjid.

masjid al aqsa istimewa

foto: vocfm.co.za

Banyak orang yang salah kaprah tentang Masjid Al Aqsa. Masjid ini adalah sebuah kompleks yang di dalamnya terdapat empat bangunan. Empat bangunan itu adalah Kubah Batu (Dome of Rock), Masjid Qibly, dan Masjid Buraq, dan Masjid Marwani.

(yusuf harfi)







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more