×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Fakta Masjid Kubah Emas, termegah di Asia Tenggara

View Image

0

BRILIO » Wow

5 Fakta Masjid Kubah Emas, termegah di Asia Tenggara

Masjid ini memiliki kubah dengan lapisan emas 24 karat.

29 / 03 / 2019 12:58

Brilio.net - Pendiri masjid kubah emas Dian Djuriah Rais binti Muhammad Rais alias Dian Al Mahri tutup usia pada Jumat (29/3) dini hari. “Ya benar, beliau sudah berpulang. tadi sekitar pukul 2.15 WIB di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta,” ujar Pengurus Masjid Dian Al Mahri, Eko Sutarno dilansir brilio.net dari Liputan6.com. Jenazah rencananya akan disemayamkan di Jalan Masjid Al Ikhlas, Petukangan Selatan, Jakarta Selatan.

Jenazah dikuburkan pada hari ini juga. "Insyaallah akan dimakamkan di Mesjid Kubah Mas Depok, setelah shalat Jumat,” kata Eko dilansir brilio.net dari Liputan6.com. Pemakaman Dian Al Mahri dilakukan di kompleks Masjid Kubah Emas, Meruyung, Depok.

Seperti yang diketahui, Dian Al Mahri mendirikan masjid Kubah Emas di atas tanah yang ia beli pada tahun 1996. Proses pembangunan masjid berlangsung lama, yakni dimulai pada tahun 2001 dan diresmikan pada 31 Desember 2006. Sejak diresmikan, masjid ini jadi daya tarik masyarakat bahkan menjadi objek wisata.

Masjid ini memiliki luas 50 hektare. Masjid ini diperkirakan dapat menampung 20 ribu jamaah. Halaman masjd yang berukuran 45 x 57 m dapat menampung 8000 jamaah.

Masjid ini sangat spesial dan menyimpan beragam keunikan. Mari kita simak faktanya berikut ini seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (29/3).

Loading...

1. Masjid termegah di Asia Tenggara.

Pemilik Masjid Kubah Emas Depok meninggal dunia © 2019 brilio.net-foto: merdeka.com

Masjid ini memiliki aristektur bak di Timur Tengah. Ornamen dan kubah emasnya jadi perbincangan para pakar arsitektur dan pegiat muslim. Dalam buku Marketing to the Middle Class Muslim (2014) pernah dibahas tentang kemegahan masjid ini yang menjadi termegah se Asia Tenggara.

2. Masjid langka yang berkubah emas.

fakta masjid kubah emas © 2019 brilio.net berbagai sumber-foto: liputan6.com

Masjid ini memiliki kubah dengan lapisan emas 24 karat dengan ketebalan 2-3 mm. Tentu saja kubah emas ini menjadi daya tarik bagi wisatawan. Nah kerennya lagi, masjid dengan kubah emas cuma ada 8 di dunia dan salah satunya milik Dian Al Mahri ini.

3. Bangunan masjid ini sangat filosofis.

fakta masjid kubah emas © 2019 brilio.net berbagai sumber-foto: Instagram/@infodepok.id

Masjid kubah emas memiliki lima kubah yang melambangkan rukun islam. Sementara itu masjid ini dikelilingi enam menara tinggi yang melambangkan rukun iman. Penuh makna ya?

4. Terinsiprirasi dari Taj Mahal.

fakta masjid kubah emas © 2019 brilio.net berbagai sumber-foto: indonesia.travlr.com

Masjid ini memiliki lima kubah yang terdiri dari kubah utama dan kubah kecil. Kubah utama berbentuk besar dengan ukuran diameter bawah 16 meter, diameter tengah 20 meter, serta tinggi 25 meter. Jika diamati sekilas, kubah utama ini mirip dengan bentuk kubah Taj Mahal.

5. Di desain dengan teknologi modern.

fakta masjid kubah emas © 2019 brilio.net berbagai sumber-foto: liputan6.com

Ada salah satu daya tarik di masjid kubah emas yakni langit-langit masjid. Pada langit-langit kubah, ada lukisan berbentuk awan dan langit. Warna lukisan ini dapat berubah sesuai dengan jadwal salat. Perubahan warna ini karena teknologi pencahayaan modern.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    50%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more