×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Masjid berlapis emas ini unik, ada Masjid Kubah Emas Depok

View Image

0

BRILIO » Wow

7 Masjid berlapis emas ini unik, ada Masjid Kubah Emas Depok

Selalu terlihat begitu megah dan memanjakan mata.

29 / 03 / 2019 14:10

Brilio.net - Perkembangan teknologi telah berdampak bagi hampir semua lini kehidupan. Dengan kecanggihan teknologi yang ada, manusia dibawa ke sebuah peradaban baru yang lebih modern dari sebelumnya. Perkembangan teknologi yang begitu pesat ini juga berimbas pada bidang arsitektur atau bangunan. Saat ini, mayoritas bangunan dibangun dengan teknologi dan konsep lebih modern dan futuristik.

Hampir semua bangunan ikonik di dunia dibangun dengan arsitektur unik, nggak terkecuali masjid yang digunakan sebagai sarana beribadah bagi umat muslim. Seiring dengan kemajuan teknologi dan arsitektur, beberapa masjid di belahan dunia bahkan memiliki bentuk bangunan hingga kubah yang begitu unik.

Uniknya, bangunan masjid di negara-negara mayoritas muslim termasuk Indonesia, ada yang dibangun dengan arsitektur yang berlapis emas lho. Masjid yang dibangun berlapis emas ini terlihat begitu megah dan memanjakan mata. Lapisan emas dalam bangunan-bangunan masjid ini tentunya dapat dilihat dari bagian kubah yang menjadi salah satu unsur penting dalam arsitektur masjid.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (29/3), berikut 7 masjid kubah emas yang sangat unik. Salah satunya ada di Indonesia lho.

1. Masjid Jame' Asr, Brunei Darussalam

Loading...

masjid berkubah emas © 2019 berbagai sumber

foto: shutterstock

Masjid Jame' Asr dibangun untuk memperingati 25 tahun kepemimpinan Sultan Hassanal Bolkiah. Masjid ini memiliki luas kurang lebih dua hektar. Di area masjid terdapat 29 kubah yang dilapisi emas murni 24 karat. Masjid ini memiliki empat menara dengan tinggi 189 kaki.

2. Masjid Al-Askari, Irak

masjid berkubah emas © 2019 berbagai sumber

foto: liputan6.com

Masjid Al-Askari terletak di kota Samarra, Irak. Masjid ini memiliki arsitektur khas Timur Tengah dan memiliki kubah berlapis emas. Saat terjadi invasi Amerika Serikat ke Irak tahun 2006 lalu, masjid ini hancur di banyak bagiannya.

3. Masjid Sunehri, Pakistan

masjid berkubah emas © 2019 berbagai sumber

foto: liputan6.com

Masjid di Lahore, Pakistan ini dibangun oleh Nawab Syed Bhikari Khan, anak Wakil Gubernur Lahore. Masjid ini memiliki tiga kubah emas yang cukup mencolok di atas bangunan yang berwarna dominan putih. Masjid ini sudah lama berdiri sejak tahun 1753 M. Ada satu kubah utama dan dua kubah lagi di sisi kiri dan kanan kubah utama.

4. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Brunei

masjid berkubah emas © 2019 berbagai sumber

foto: shutterstock

Selain masjid Jame Asr, Brunei Darussalam juga memiliki satu lagi masjid yang memiliki kubah emas. Masjid tersebut yakni Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin. Kubah masjid ini terbuat dari emas 24 karat dan pembangunannya menghabiskan dana hingga 5 juta dolar Amerika Serikat.

5. Dome of the Rock, Palestina

masjid berkubah emas © 2019 berbagai sumber

foto: shutterstock

Dome of the Rock atau Masjid Qubbah As Sakhrah merupakan salah satu masjid ikonik di Palestina. Masjid ini letaknya tidak jauh dari Masjid Al-Aqsha. Masjid ini dibangun sekitar tahun 690 M oleh Abdul Malik bin Marwan yang kemudian menjadi salah satu raja dalam bani Umayah.

6. Masjid Sultan, Singapura

masjid berkubah emas © 2019 berbagai sumber

foto: shutterstock

Masjid Sultan di Singapura ini merupakan salah satu masjid dengan kubah berlapis emas. Masjid ini termasuk salah satu yang terbesar dan termegah di Singapura. Pembangunan masjid ini sendiri dilakukan melalui proses renovasi usai Sultan Singapura mendapat uang Kongsi Dagang Inggris tahun 1928.

7. Masjid Dian Al Mahri, Depok

masjid berkubah emas © 2019 berbagai sumber

foto: Instagram/@indoflashlightjabar

Masjid Dian Al Mahri atau yang dikenal dengan nama Masjid Kubah Emas didirikan pada tahun 1999. Masjid ini memiliki enam menara yang dibalut batu granit abu-abu dari Italia. Sementara itu, kubahnya dibangun dengan dilapisi emas 24 karat. Masjid ini menjadi salah satu masjid yang ikonik di Indonesia. Tepat pada Jumat (29/3), Dian Djuriah Rais atau Dian Al Mahri, pemilik Masjid Kubah Emas meninggal dunia di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    25%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    42%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    33%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more