Brilio.net - Sobat Brilio, pasti sudah tahu kan kalau selama ini arang lebih banyak dipakai untuk membakar aneka ragam daging maupun makanan dari laut atau air tawar. Eits, tapi Sobat Brilio tahu nggak kalau sekarang ternyata arang nggak cuma bisa jadi bahan bakar aja lho, bahkan ada tujuh hal tak terduga yang bisa kita manfaatkan dari arang ini.

Seperti apa sih? Yuk simak di bawah ini, brilio.net sudah ngumpulin dari berbagai sumber buat kalian, Kamis (1/9)! Check them out!

1. Sebagai pengusir bakteri.

7 Kemewahan arang © 2016 brilio.net

Pemakaian arang aktif bisa ngilangim mikroorganisme jahat, seperti bakteri dan parasit di badan atau gigi, lho. Nggak heran kalau ternyata arang bisa jadi salah satu bahan campuran untuk pembersih wajah atau pasta gigi.

2. Cobain kopi arang, sensasi baru minum kopi.

7 Kemewahan arang © 2016 brilio.net

Kopi ini disajikan nggak seperti kopi biasanya, melainkan dengan tambahan arang yang masih membara ke dalam kopi yang diseduh. Kopi yang disebut Kopi Joss khas Yogyakarta ini bisa ditemuin di angkringan kopi Joss yang terletak di utara Malioboro atau Stasiun Tugu. Rasanya pun, hmmm nggak kalah deh dari kopi-kopi lainnya.

3. Bisa jadi karya seni yang bermutu tinggi.

7 Kemewahan arang © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@sedulursinorowedhi

Arang juga bisa jadi media seni. Pradipta asal Purworejo, Jawa Tengah berkarya dengan arang. Sudah banyak lukisan yang lahir dari tangannya menggunakan arang. Bahkan dia pernah melukis langsung dengan bara api. Berikut ini contohnya:

7 Kemewahan arang © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@sedulursinorowedhi


4. Tren makanan dari arang ini juga nggak boleh kamu lewatin nih!
Nah tren makanan dengan bahan arang juga nggak boleh gitu aja kamu lewatin. Banyak macemnya lho seperti ini nih:

a. Pempek kapal selam arang bambu

7 Kemewahan arang © 2016 brilio.net



b. Burger hitam, wah sensasi baru makan burger nih

7 Kemewahan arang © 2016 brilio.net



c. Bahkan es krim juga lho!

7 Kemewahan arang © 2016 brilio.net




5. Arang bikin masakan punya aroma nikmat.

7 Kemewahan arang © 2016 brilio.net

foto: kaskus.co.id

Percaya atau nggak memasak menggunakan arang itu lebih sedap untuk makanan ketimbang memasak pakai kompor gas. Misalnya aja membakar sate, lebih sedap dibakar dengan arah ketimbang kompor gas. Kenapa?

Arang bisa memproduksi banyak asap ketimbang gas, dengan jangkauan lebih luas dari molekul rasa lezat. Hal ini disebabkan arang bisa membakar molekul organik kompleks, seperti selulosa dan lignin, sebagaimana dikutip dari AmazingRibs.com.

Nah, asap arang ini timbul akibat tetesan dari makanan yang dibakar. Semakin banyak tetesan dari makanan yang dibakar, apalagi kalau ditambah dengan olesan bumbu sedap di makanan tersebut, maka akan berubah menjadi uap yang membubung ke udara. Inilah yang bikin aroma makanan dibakar itu sedap.

6. Jadi produk kecantikan.

7 Kemewahan arang © 2016 brilio.net

Arang juga punya manfaat kecantikan, lho. Sebagaimana dikutip dari livestrong.com  benda hitam ini bisa menyerap minyak, kotoran dan zat berbahaya lainnya yang bikin pori-pori kulit tersumbat. Seperti disinggung pada poin ke-1, arang aktif bisa menyerap bakteri, racun, bahan kimia, kotoran, dan partikel mikro yang menempel di permukaan kulit dan bikin kulit wajah maupun badanmu jerawatan. Nggak heran dong, arang bisa jadi bahan dalam produk kecantikan seperti masker wajah dan sabun.

7 Kemewahan arang © 2016 brilio.net


7. Untuk kesehatan mulut.

7 Kemewahan arang © 2016 brilio.net

Arang sudah lekat dengan kehidupan masyarakat kita. Dalam kebiasaan orang Indonesia zaman dulu, arang bisa bersihin gigi dengan menggosoknya di gigi secara rutin. Tapi seiring dengan hasil temuan yang ada, arang bisa bersihin gigi dan badan dari bakteri, maka nggak heran kalau ada terobosan baru pasta gigi berbahan arang.

Partikel mikro arang dalam pasta gigi bisa membersihkan gigi sampai ke sela-selanya lebih baik ketimbang pasta gigi dengan fluoride biasa. Seperti yang ditawarkan Colgate Total Charcoal Deep Clean, bikin gigi dan mulutmu bersih sekaligus segar dengan kandungan arangnya. Formula uniknya ini sudah terbukti secara klinis bisa untuk perlindungan antibakteri selama 12 jam. Kamu jadi pede deh, ngobrol sama orang lain, terlebih gebetan.

 

(brl/pep)

7 Kemewahan tak terduga di balik arang yang dekil dan hitam

(brl/pep)