Brilio.net - Alibaba Group kembali menggelar Taobao Maker Festival (TMF) 2021. Sebagai salah satu acara terbesar di Asia untuk merayakan kreativitas anak muda, TMF 2021 bertujuan untuk menampilkan kreasi unik karya kreator muda . Pada tahun keenamnya, TMF mengusung konsep permainan treasure hunt dengan tema "Harta Karun yang Hilang" – yang juga merupakan ajakan bagi para pengunjung untuk menemukan kembali semangat kreativitas dalam diri mereka.

TMF tahun 2021 diselenggarakan di area pameran seluas 30.000 meter persegi di Shanghai, Tiongkok, tanggal 17 hingga 25 Juli 2021. Di acara ini, kamu bisa menemukan ratusan produk baru dari merchant Taobao, mulai dari kerajinan tangan yang unik, barang fesyen, sampai inovasi teknologi futuristik dan kreasi budaya. Berbagai produk inovatif ini mencerminkan kreativitas dan tren terbaru.

Mau tahu produk trendi yang bisa kamu temukan di TMF 2021? Yuk langsung intip tujuh inovasi unik di Taobao Maker Festival 2021 seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (23/7).

1. Ransel Pixel.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

taobaovir istimewa

foto: Alibaba Group

Produk inovatif pertama dibuat oleh Divoom, brand perlengkapan audio asal Tiongkok terkemuka di dunia. Komitmen Divoom menghadirkan peralatan audio dan elektronik stylish ke masyarakat luas dibuktikan lewat Ransel Pixel.

Ransel cerdas ini dilengkapi layar pixel RGB fleksibel yang memungkinkanmu untuk menyesuaikan gambar di layar ransel kapan saja dan dimana saja melalui aplikasi ponsel. Gagdet canggih ini juga bisa mengekspresikan kepribadianmu. Bahkan kamu juga bisa berkomunikasi dengan kreator lain melalui aplikasi.

Ransel Pixel jadi produk pertama yang ditampilkan Divoom di TMF. Divoom yang sudah membuka toko di Taobao sejak 2016 melihat TMF sebagai kesempatan menjangkau konsumen dan mendengarkan aspirasi mereka, sehingga Divoom bisa merancang lebih banyak produk untuk memenuhi kebutuhan pasar.

2. Mobil Terbang Xpeng Huitian Voyager X2.

taobaovir istimewa

foto: Alibaba Group

Pada tahun keduanya berpartisipasi di TMF, Xpeng Huitian membawa mobil terbang listrik Voyager X2. Lewat produknya, perusahaan inovasi penerbangan berteknologi tinggi ini ingin memperluas pilihan transportasi, termasuk mobil futuristik ini.

Kerennya, sebagian besar bagian dari mobil listrik Voyager X2 terdiri dari serat karbon. Alhasil bobot mobil ini termasuk baterainya, hanya 395 kilogram. Mobil terbang yang dapat menampung dua orang ini berhasil menyelesaikan uji terbang pertamanya pada Juni 2021 lalu. Kini, Xpeng Huitian sedang merekrut sukarelawan untuk mencoba pengalaman mobil terbang ini.

3. Burger Transparan.

taobaovir istimewa

foto: Alibaba Group

Ingin makan burger tanpa merasa bersalah? Kamu bisa coba burger transparan di TMF 2021. Kreasi unik ciptaan Bao Ji Du Jiao Shou ini berbasis konjac yang rendah kalori. Patty burgernya terlihat transparan dan burger ini hanya mengandung 4,18 Kkal. Rahasianya ada pada dada ayam instan yang bisa disimpan pada suhu kamar dan bisa dikonsumsi kapan saja dan di mana saja.

Brand yang didirikan seorang atlet ini memang bertujuan mempromosikan konsep hidup sehat dan menjaga pola makan sehat. Dengan semakin banyaknya konsumen yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan, brand ini berupaya untuk memproduksi makanan ringan dan sehat yang bisa dimakan kapan saja dan dimana saja, tanpa perlu proses persiapan yang rumit.

4. Treadmill untuk hewan peliharaan.

taobaovir istimewa

foto: Alibaba Group

Beberapa tahun terakhir, generasi muda mulai peduli akan kesehatan peliharaan. Ditambah, jadwal harian yang padat dan cuaca ekstrem sering kali membuat pemilik anjing tidak sempat membawa hewan peliharaannya untuk jalan-jalan atau bermain di luar ruangan.

Melihat fenomena ini, Yesoul yang memiliki spesialisasi menciptakan peralatan fitness di rumah terinspirasi membuat treadmill untuk hewan peliharaan. Dengan keahliannya, Yesoul melakukan penelitian mendalam tentang kesehatan hewan dan olahraga sebelum merancang treadmill khusus untuk hewan peliharaan.

Kerennya, produk ini memiliki berbagai fitur teknologi canggih yang mudah digunakan. Mulai dari memberikan makan otomatis, fungsi kendali jarak jauh, hingga sistem sensor pintar. Banyak pelanggan yang berkomentar, setelah menggunakan treadmill ini, hewan peliharaan mereka dapat membakar kelebihan energi dan mendapatkan tidur berkualitas, sehingga meningkatkan kesehatan mereka.

5. Tenda Proyektor.

taobaovir istimewa

foto: Alibaba Group

Produk ini dibuat oleh The Free Spirits, perusahaan dengan 11 tahun pengalaman profesional dalam merancang tenda. Kamu akan terpukau dengan inovasi yang satu ini. Terinspirasi dari kondisi selama pandemi, The Free Spirits berhasil menciptakan tenda proyektor yang sangat populer.

Tenda proyektor menawarkan kenyamanan dan kemudahan dalam satu paket. Saat menggunakan tenda proyektor, kamu dapat langsung menayangkan film dan menikmati pengalaman menonton bioskop outdoor bersama orang-orang terdekat. Momen berkemah bareng teman dan keluarga pun jadi makin menyenangkan.

Sebelumnya, The Free Spirits telah membuat tenda portabel dengan “satu ruang tamu dan tiga tempat tidur” pada 2017 lalu. Produk ini menyediakan banyak ruang yang cocok untuk acara keluarga outdoor maupun kegiatan team building perusahaan. Bahkan, ukuran tendanya yang paling besar dapat menampung 20 orang.

6. Es krim rasa brokoli dan melon By Nice.

taobaovir istimewa

foto: Alibaba Group

Pada debutnya di TMF 2021, By Nice meluncurkan es krim rasa brokoli dan melon yang hanya mengandung sekitar 105 kalori. Jumlah kalori itu lebih rendah dari pisang atau hanya sepertiga dari porsi es krim biasa dengan ukuran sama.

Membuka toko di Taobao pada tahun 2019, By Nice memang berfokus memproduksi dessert rendah gula dan lemak. Perusahaan yang didirikan pada 2018 ini menargetkan pelanggan perempuan yang peduli kesehatan dan kualitas makanan.

7. Jam Tangan Bordir Mekanik.

taobaovir istimewa

foto: Alibaba Group

Di TMF 2021 kamu bisa melihat perpaduan seni tradisional Tingkok dengan elemen modern melalui jam tangan. Tidak main-main, jam tangan ini diciptakan oleh brand Yaosilk yang didirikan Chen Tao, seniman bordir tradisional Suzhou.

Berpartisipasi untuk pertama kalinya di TMF 2021, Yaosilk menampilkan jam tangan mekanik pertama di dunia dengan tampilan bordir tradisional Tiongkok elegan dan indah. Menariknya, terdapat warna dan pola berbeda yang bisa kamu lihat dari depan atau belakang. Selain itu, kecanggihan mekanis berkaliber tinggi dari jam ini juga akan langsung terlihat yang menambah keunikannya.

Dengan menampilkan produk tersebut, Yaosilk berharap dapat menjangkau konsumen generasi muda yang memiliki ketertarikan lebih terhadap estetika canggih dan gaya hidup lebih berkualitas.

Di Tiongkok, Taobao telah lama menjadi platform favorit bagi para kreator dan pengusaha muda, dengan rata-rata usia merchant adalah 26 tahun, yang meluncurkan toko online mereka. Per Maret 2021, jumlah merchant aktif baru di Taobao mencapai angka tertinggi dalam lima tahun terakhir, sejak 2017.

“Taobao Maker Festival adalah puncak perayaan kreativitas dan kewirausahaan. Untuk mendukung para kreator dan merchants di platform, penyelenggaraan TMF tahun ini  diperkaya dengan konsep gamifikasi fantasi yang terinspirasi oleh Dinasi Tang, agar pengunjung bisa menjelajahi semua bagian pameran TMF dengan menyenangkan dan interaktif, sambil melihat berbagai produk dari kreator-kreator paling kreatif di Taobao,” kata Chris Tung, Chief Marketing Officer Alibaba Group.

Mana nih produk Taobao Maker Festival favoritmu? Mau tahu lebih banyak soal Taobao Maker Festival 2021 dari Alibaba Group? Yuk cek di sini!

Adv.

(brl/lak)