×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Perang ide gila dan kreatif di Alibaba Taobao Maker Festival 2019

View Image

0

BRILIO » Wow

Perang ide gila dan kreatif di Alibaba Taobao Maker Festival 2019

Tahun ini, TMF mengusung semangat wirausaha dan inovasi dari para pedagang dan desainer.

11 / 09 / 2019 21:24

Brilio.net - Diluncurkan oleh Alibaba Group, Taobao Maker Festival (TMF) kini sudah memasuki tahun keempat penyelenggaraan. Taobao yang merupakan sebuah platform kewirausahaan dan inovasi terbesar di China menyelenggarakan TMF bukan sebagai sampingan. Acara tahunan ini menjadi acara unggulan dalam ekosistem Alibaba.

Seperti dilaporkan reporter Brilio.net Muhammad Bimo Aprilianto dari China, tahun ini akan jadi penyelenggaraan paling besar dan untuk pertama kalinya, Taobao Maker Festival 2019 akan diselenggarakan selama 14 hari, 12 September 2019 hingga 25 September 2019. Acara ini akan digelar di dua tempat, yakni Hangzhou Boiler Factory sebagai tempat utama dan West lake.

Tahun ini, TMF mengusung semangat wirausaha dan inovasi dari para pedagang dan desainer. Di mana semangat ini juga merupakan tren yang sedang berkembang pesat di kalangan Generasi Z dan konsumen muda Tiongkok.

Chris Tung, Chief Marketing Officer Alibaba Group mengatakan, banyak sekali anak muida yang ingin memproduksi sesuatu, dengan mengandalkan kreativitas, passion dan minat mereka.

perang ide gila taobao maker 2019 © 2019 brilio.net

Loading...

foto: dokumentasi Taobao

"Dan kami merasa, tidak cukup jika kami hanya menunjukkan barang ini di toko online. Kami ingin membuat sebuah acara besar untuk memperkenalkan dan menunjukkan produk-produk kreatif ini ke dunia," ujar Chris Tung kepada awak media di Hangzhou, Rabu (11/9).

Tung juga menambahkan kalau kreasi anak muda merupakan sesuatu yang penting ditunjukkan oleh Alibaba melalui Taobao. Ia dan perusahaannya terus mengikuti perkembangan tren dari generasi muda, baik pembeli dan juga penjualnya. Apa yang mereka beli dan apa yang mereka jual, itulah yang ditunjukkan kepada dunia lewat Taobao Maker Festival.

Meski menampilkan produk hasil dari ide kreatif generasi muda, Taobao tidak membuka transaksi jual beli di TMF 2019. Jika ada konsumen yang tertarik dengan produk yang ditampilkan, mereka akan disodori sebuah barcode yang akan membawa ke toko online penjual di situs Taobao.

"TMF bukanlah acara trade show. Di sini, kami tidak fokus pada transaksi, omzet, penjualan dan sebagainya. It's all about joy of discovery. Kami ingin mendorong genarasi muda untuk berani membuat sesuatu. Karena tidak ada yang bisa menghalangi mereka," ujar Chris Tung.

Akan ada lebih dari 400 merchant yang tergabung dan ada lebih dari 1.000 produk limited edition khusus untuk TMF 2019. Selain itu, acara yang diselenggarakan selama 14 hari membuat Taobao Maker Festival 2019 menjadi yang terbesar untuk tahun ini.

Nggak bisa sembarang merchant bisa mejeng di TMF. Ada standar penyeleksian yang sebelumnya harus dipenuhi. Banyaknya generasi muda yang antusias dengan wadah yang diadakan oleh Taobao ini pun membuat persaingan sangat ketat.

perang ide gila taobao maker 2019 © 2019 brilio.net

foto: dokumentasi Taobao

Chris Tung mengungkapkan, setidaknya ada tiga syarat utama yang harus dipenuhi. Yakni kekuatan desain, kualitas produk dan skala bisnis.

"Manajemen Taobao akan melakukan penyeleksian. Bagaimana desain, feedback pembeli tentang kualitas produk, dan nilai penjualan. Setelah skornya lolos, tim marketing kami akan datang ke maker tersebut untuk mendiskusikan konsep mereka dalam festival. Setiap booth harus memiliki konsep yang unik, tampilan dan produk yang kreatif," ujarnya.

Untuk itu, merchant dan produk yang lolos pun yang berani memproduksi produk yang unik dan beda dari yang lain. Menurut pantauan Brilio.net yang diberi kesempatan masuk secara ekslusif sehari sebelum acara dimulai, ada satu merchant yang cukup menarik perhatian. Ialah Mr. Tail, penyedia makanan anjing yang dibuat ala restoran bintang lima.

Merchant ini membuat makanan anjing yang kreatif, nikmat dan menarik secara visual. Produk ini sering disebut-sebut sebagai masakan berbintang Michelin untuk para anjing.

perang ide gila taobao maker 2019 © 2019 brilio.net

foto: dokumentasi Taobao

Selain itu, ada juga produk es krim yang menerapkan rasa dari minuman alkohol pada produknya. Es krim ini cukup jadi unggulan di Taobao Maker Festival. Tentu saja, masih banyak produk-produk lain yang super kreatif bahkan bisa dibilang gila untuk diwujudkan pada acara ini.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    100%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more