Brilio.net - Pada saat musim hujan seperti saat ini, sepatu basah menjadi salah satu masalah yang kerap kali datang. Entah itu karena kehujanan atau hanya karena masuk dalam kubangan air. Pasti risih kan kalau harus memakai sepatu basah ketika sedang beraktivitas? Salah-salah malah bikin masuk angin. Nah ini dia 5 cara mengeringkan sepatu yang mudah dan efektif dilansir dari berbagai sumber (28/9).

1. Menggunakan pengering mesin cuci

mengeringkan sepatu © 2017 brilio.netFoto: HowDoesShe/YouTube

Pengering pada mesin cuci dapat menjadi salah satu alat yang efektif untuk mengeringkan sepatu. Namun ada hal yang harus diperhatikan saat mengeringkan sepatu dengan alat ini, yaitu putaran di dalam mesin pengering dapat merusak sepatu apabila sepatu menabrak dinding pengeringnya, serta dapat merenggangkan lem pada sepatu. Sehingga cara yang aman untuk menggunakan pengering mesin cuci untuk mengeringkan sepatu adalah dengan mengikatkan tali sepatu bagian luar mesin cuci.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

2. Menggunakan koran

mengeringkan sepatu © 2017 brilio.netFoto: Lifehacker/YouTube

Koran memiliki kemampuan menyerap air dan bau dengan baik. Sepatu basah dapat dikeringkan dengan Koran dengan cara mengeluarkan insole sepatu terlebih dahulu untuk dikeringkan secara terpisah. Kemudian buka tali pada sepatu dan masukkan Koran yang telah dikepal ke dalam sepatu. Biarkan selama beberapa saat dan ganti kepalan Koran yang telah menyerap air. Sepatu akan lebih cepat kering jika  diletakkan dekat dengan kipas angin.

3. Alat pengering rambut

mengeringkan sepatu © 2017 brilio.netFoto: http://www.hcrbeta.com

Sama seperti rambut basah, sepatu basah juga dapat dikeringkan dengan alat pengering rambut. Caranya mudah, hanya dengan mengarahkan alat pengering rambut yang menyala pada bagian sepatu basah hingga sepatu mengering.

4. Alat penyedot debu

mengeringkan sepatu © 2017 brilio.netFoto: http://www.halfords.com

Sama seperti saat menggunakan alat pengering rambut, mengeringkan sepatu basah dengan alat penyedot debu dapat dilakukan dengan mengarahkan selang penyedot debu yang telah dibuka ujungnya pada bagian sepatu yang basah. Pada bagian dalam sepatu, selang dapat didiamkan dalam sepatu untuk beberapa saat agar sepatu benar-benar kering.

5. Microwave

mengeringkan sepatu © 2017 brilio.netFoto: VLOG/YouTube

Sepatu basah dapat dikeringkan dalam microwave dengan suhu yang tidak terlalu tinggi karena dapat merusak bahan sepatu dan mencairkan lem pada sepatu. Cukup dengan suhu yang hangat sekitar 30-40 derajat celcius selama beberapa menit.

(brl/tis)