Brilio.net - Hidup bergelimang harta dan mampu membeli barang-barang mewah mungkin menjadi keinginan sebagian besar orang. Alhasil banyak orang yang berlomba-lomba bahkan mendewakan harta atas segalanya. Sikap inilah yang sebaiknya mulai dipikirkan dan dihindari kelak di masa depan.

Sebab memiliki harta tidak selalu membuat pemiliknya bahagia. Kadang harta itu justru membuat seseorang merasa angkuh dan tidak bersyukur. Jadi, meskipun ada banyak sekali kekayaan yang dimiliki, orang itu akan terus merasa kekurangan.

Sebaliknya, kamu juga bisa memilih menjadi sosok yang dermawan. Misalnya seperti memberikan sebagian harta kepada orang yang membutuhkan. Tidak hanya sebagai bentuk ibadah kepada Tuhan, perilaku tersebut juga mampu membuat hati tenang dan meningkatkan rasa empati terhadap sesama.

Nah, sebagai bahan renungan, berikut empat puluh kata-kata bijak tentang harta dan kekayaan, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (16/7).

Kata-kata bijak tentang harta dan kekayaan untuk renungan.

1. "Kebahagiaan itu bukan terletak pada kedudukan dan harta, melainkan itu ada pada agama, ilmu, dan budi pekerti."
2. "Kebahagiaan itu tidak diukur dari berapa banyak harta yang kamu miliki, tapi seberapa bersyukurnya kamu dengan apa yang kamu miliki sekarang."
3. "Kebahagiaan tidak terletak pada harta, penampilan, maupun keindahan dunia. Kebahagiaan berasal dari keikhlasan dan hati."
4. "Kekayaan sejati bukan diukur dari banyaknya harta yang kamu miliki, melainkan diukur dari hatimu yang merasa cukup."
5. "Kekayaan seseorang tidak diukur dari seberapa banyak harta yang dia miliki, tetapi diukur dari seberapa banyak dia memberi."
6. "Kekayaan, umur, dan popularitas itu seperti minum dari air lautan yang asin. Makin kau minum, makin haus yang kamu dapatkan."  - Shaykh Ahmad Musa Jibril
7. "Jangan habiskan seluruh masa sehatmu hanya untuk mencari kekayaan."
8. "Kesederhanaan membuat kita bisa menikmati kekayaan kita. Pemborosan membuat uang melimpah hilang kenikmatannya."
9. "Warisan yang paling berharga adalah ilmu, bukan harta."
10. "Terkadang harta membuat orang lupa merasa tinggi hati dan berkuasa. Namun, tak disadari, harta yang digenggamnya itu hanya amanat yang kuasa. Maka, berhati-hatilah dengan harta." - Rhoma Irama
11. "Aku menyadari bahwa aku adalah tamu di dunia ini. Harta adalah barang pinjaman. Saat aku pulang, semua pinjaman akan ku kembalikan."
12. "Manfaatkanlah sebagian dari harta kekayaanmu sebelum kamu menjadi miskin."
13. "Dunia itu seperti permainan monopoli, kamu sibuk mengejar uang, tapi saat permainan berakhir, tidak ada nilainya."
14. "Hidup tanpa cinta pasti hampa, hidup gila harta pasti celaka, hidup bersyukur dan apa adanya, pasti bahagia."
15. "Jangan biarkan harta, uang atau apa pun yang bersifat materi merusak persaudaraan, justru pereratlah persaudaraan tanpa memusingkan harta."

Loading...
2 dari 3 halaman

Kata-kata bijak Islami tentang harta dan kekayaan.

16. "Jangan bersaing dengan orang lain dalam masalah mengumpulkan kekayaan. Bersainglah dengan mereka dalam urusan ibadah."
17. "Bersedekahlah, karena kain kafanmu nanti tidak memiliki saku yang bisa kau gunakan untuk mengantongi kekayaanmu." - Shaykh Ahmad Musa Jibril
18. "Harta bisa dibawa mati! Caranya, gunakan untuk kebaikan, seperti sedekah. Maka harta itu akan kita 'bawa mati' sebaga amal kebaikan."
19. "Harta itu kurang apabila dibelanjakan, tapi ilmu bertambah bila dibelanjakan." - Ali Bin Abi Thalib
20. "Harta itu ujian, bukan kebanggaan. Maka belanjakanlah di jalan Allah jika kamu ingin selamat."
21. "Ilmu itu lebih baik daripada harta karena harta itu harus kamu jaga, sementara ilmu akan menjagamu." - Ali bin Abi Thalib
22. "Jika harta kekayaan dan ketinggian status sosial adalah tolok ukur kesuksesanmu, coba periksa kembali, mungkin anutanmu bukanlah Rasulullah, tapi fir’aun dan qarun."
23. "Kekayaan adalah apa yang kamu infakkan di jalan Allah, bukan apa yang tersimpan di akun rekening Bankmu."
24. "Kekayaan terbesar adalah kekayaan jiwa." - Hadits
25. "Kekayaan yang kamu miliki adalah ujian dari Allah, maka berikanlah sedekah kepada orang-orang yang membutuhkan."
26. "Ketika Allah memberimu nikmat finansial (harta kekayaan), jangan tingkatkan standar hidupmu, akan tetapi tingkatkan standar sedekahmu."
27. "Lebih baik mendapatkan upah sedikit, tapi taat kepada Allah daripada mendapatkan upah besar tapi mempertaruhkan keislaman dan akhiratmu." - Muhammad Abdul jabbar
28. "Manfaatkanlah lima perkara sebelum datangnya lima perkara: Masa mudamu sebelum datang masa tuamu, masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu, masa kayamu sebelum datang masa fakirmu, masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, masa hidupmu sebelum datang masa matimu." - Hadits
29. "Sesungguhnya Allah tidak memandang rupa dan harta kalian, akan tetapi Allah memandang hati dan amal perbuatan kalian." - Hadits
30. "Setiap umat memiliki ujian dan ujian umatku adalah harta." - Hadits
31. "Tidak boleh iri kecuali pada dua orang: yaitu orang yang Allah anugerahkan kekayaan lalu ia infakkan di jalan kebaikan dan  orang yang Allah beri karunia ilmu (Alquran dan AsSunnah) kemudian ia mengamalkan dan mengajarkannya." – Hadits
32. Mengikuti hawa nafsu akan melahirkan cinta kepada dunia, cinta kepada dunia akan melahirkan cinta kepada harta dan kedudukan, cinta kepada harta dan kedudukan akan melahirkan sikap menghalalkan segala yang diharamkan oleh Allah." - Wahab bin Munabbih

3 dari 3 halaman

Kata-kata bijak bahasa Inggris tentang harta dan kekayaan.

33. "If you want to feel rich, just count the things you have that money can't buy."
(Jika kamu ingin merasa kaya, hitung saja hal-hal yang kamu miliki yang tidak bisa dibeli dengan uang.)
34. "All the money and wealth are things that you don't take to the grave. One day you have it, the next day you don't."
(Semua uang dan kekayaan adalah hal yang tidak kamu bawa ke dalam kubur. Hari ini kamu memilikinya, hari esok kamu tidak memilikinya.)
35. "Don’t think money does everything or you are going to end up doing anything for money."
(Jangan berpikir bahwa uang adalah segalanya atau kamu akan berakhir melakukan segalanya demi uang.)
36. "It’s good to have money and the things that money can buy. But it's good too, to check up once in a while and make sure that you haven't lost the things that money can't buy."
(Baik untuk memiliki uang dan hal-hal yang bisa dibeli dengan uang. Tapi ada baiknya juga, untuk melihat sesekali dan memastikan bahwa kamu tidak kehilangan hal-hal yang tidak bisa dibeli dengan uang.)
37. "Waste your money and you're only out of money, but waste your time and you've lost a part of your life."
(Sia-siakan uangmu dan kamu hanya akan kehabisan uang, tapi menyia-nyiakan waktumu maka kamu akan kehilangan sebagian dari hidupmu.)
38."You are not rich until you have something that money can't buy."
(Kamu tidaklah kaya sampai kamu memiliki sesuatu yang tidak bisa dibeli dengan uang.)
39. "Time is more value than money. You can get more money, but you can not get more time.
(Waktu lebih berharga daripada uang. Kamu bisa mendapatkan lebih banyak uang, tapi kamu tidak bisa mendapatkan lebih banyak waktu.)
40. "Money poisons you when you have got it, and starves you when you haven't."
(Uang meracunimu ketika kamu memilikinya, dan membuatmu kelaparan ketika kamu tidak memilikinya.)