Brilio.net - Anime atau kartun menjadi tontonan yang cukup menghibur. Kartun memang akrab dengan dunia anak-anak, namun ternyata orang dewasa juga menyukai kartun. Misalnya saja, SpongeBob. Tak hanya anak-anak yang menyukai kelucuan dan kekonyolan SpongeBob, namun orang dewasa juga tertarik menyaksikannya.

Kartun memiliki efek positif dan negatif pada perkembangan kognitif serta perilaku anak. Sebagai orangtua tentunya harus benar-benar bisa menyaring tontonan, terutama tayangan untuk anak-anak seperti kartun atau anime. Kartun memang menghibur, namun sebaiknya cari tontonan yang bisa mendidik anak-anak ketika menyaksikannya.

Kartun membantu anak-anak memulai pembelajaran lebih awal. Misalnya seperti kartun edukasi yang memperlihatkan bentuk, angka, serta warna. Gambar bergerak dengan karakter lucu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak. Sehingga mereka dengan senang hati mempelajari banyak hal dari apa yang mereka tonton.

Menonton kartun yang tepat juga akan meningkatkan keterampilan kognitif anak. Seperti bekerja, membentuk memori jangka panjang, fokus Anak, logika, penalaran, pemrosesan visual, dan pendengaran. Tak hanya itu saja, menyaksikan anime juga membantu anak mempelajari banyak bahasa. Anak akan lebih kreatif dan menjadi cepat tanggap.

Seperti yang diketahui, anak-anak adalah peniru yang handal, apa yang mereka lihat akan dengan mudah mereka tirukan. Jika orangtua tidak memperhatikan apa yang disaksikan anak maka ini akan sangat buruk untuk tumbuh kembangnya. Nah sebagai orangtua yang bijak dan peduli, memfilter beberapa kartun yang baik untuk disaksikan anak adalah penting.

Berikut ini beberapa anime menghibur dan sekaligus untuk anak-anak, yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (6/12).

Loading...
2 dari 3 halaman


1. Peppa Pig.

foto: independent.co.uk

Peppa Pig memiliki durasi pendek, yakni hanya 5 menit saja. Namun anime satu ini cukup menghibur dan sekaligus menghibur anak-anak. Peppa merupakan karakter sosok babi yang imut dan hidup di tengah-tengah kumpulan binatang. Anak-anak pasti akan senang melihat anime satu ini karena memang lucu dan menggemaskan.

Menariknya, anak-anak bisa belajar banyak mengenal setiap hewan dan bagaimana suaranya. Total kartun ini ada 25 episode. Cara Peppa Pig mengajarkan anak-anak sangat menyenangkan. Anak-anak bisa dengan mudah menirukannya.

2. Mahoujin Guru Guru.

foto: youtube.com

Anime Mahoujin Guru Guru sangat menggemaskan dan sangat cocok jika disaksikan oleh anak-anak. Kartun ini menceritakan Mahoujin Guru Guru, Nike, dan Kukuri, si kumpulan anak yang suka berpetualang. Mereka mencoba untuk menyelamatkan dunia dengan mengalahkan Raja Iblis yang bangkit.

Banyak pelajaran yang bisa diambil ketika mereka sedang berpetualang. Anime ini juga mengajarkan persahabatan kepada anak-anak lain. Karakter yang lucu dan jalan cerita yang menghibur pasti sangat disukai anak-anak.

3. Curious George.

foto: puzzlewarehouse.com

Kartun Curious George tak hanya disukai oleh anak-anak, namun juga orang dewasa. Anak-anak akan mendapatkan banyak pelajaran dengan menikmati anime Curious George.

Anak-anak akan belajar mengenai beberapa hal yang memang cukup bermanfaat untuk tubuh kembangnya. Karena anime satu ini mengajarkan hal yang cukup mendasar kepada anak-anak.

4. Cyberchase

foto: pbs.org

Anime satu ini benar-benar memberikan pengaruh yang cukup baik untuk perkembangan anak. Terlebih jika anak-anak sangat membenci pelajaran berhitung. Cyberchase memberikan pemahaman berbeda, anak-anak diajarkan cara berhitung dengan metode yang menyenangkan.

Tak hanya itu, Cyberchase membantu anak-anak dalam memecahkan berbagai masalah, sehingga kemampuan berpikir akan akan terus berkembang dan mereka akan lebih kreatif.

5. Sofia The First.

foto: tvguide.com

Sofia The First merupakan anime yang cukup cocok untuk anak-anak. Putri kecil dari kerajaan ini mengajarkan banyak nilai sosial kepada anak-anak. Misalnya mengenai persahabatan, kedamaian, dan beberapa pesan moral lain.

Kartun atau anime Sofia The First ini tidak membuat bosan, jalan cerita yang mudah dimengerti anak-anak. Karakternya yang lucu dan anggun memiliki daya tarik tersendiri bagi anak-anak.

3 dari 3 halaman


6. Upin dan Ipin.

foto: lescopaque.com

Siapa yang tak kenal dengan kartun asal Malayasia? Tak hanya anak-anak yang memfavoritkan Upin dan Ipin, namun juga orang dewasa. Kartun satu ini terbilang cukup aman untuk disaksikan anak-anak karena sifatnya yang mendidik.

Kartun ini akan mengajarkan pesan moral dalam kehidupan. Misalnya jika anak-anak melakukan kesalahan, maka akan belajar dari respons orangtua seperti Kak Ros ataupun Opah. Sangat bisa mencontohkan kepada balita ataupun anak agar menjadi lebih baik.

7. Tayo.

foto: next-episode.net

Tayo menjadi animasi yang cukup terkenal di kalangan anak-anak. Bisa kecil ramah ini menjadi tontonan yang cukup mendidik untuk anak-anak. Banyak sekali hal pendidikan tentunya dalam film ini yang disampaikan melalui kegiatan seharinya si Tayo.

Orangtua tak perlu khawatirkan menyuguhkan animasi satu ini kepada anak-anaknya. Selain menghibur anak-anak bisa belajar banyak dari kebaikan hati Tayo, terutama dalam membantu orang lain.

8. Zootopia.

foto: youtube.com

Zootopia bisa menjadi tontonan yang lebih segar karena animasi yang begitu sempurna dan menyenangkan. Zootopia menceritakan mengenai hewan kelinci yang masuk di akademi kepolisan. Yang menarik dari film animasi satu ini adalah bagaimana anak diajarkan untuk selalu melalukan pekerjaan dengan baik.

Tidak hanya itu saja, secara tidak langsung Zootopia mengajarkan banyak jenis hewan dengan karakter yang menyenangkan.

9. Ask The Storybots.

foto: animationmagazine.net

Anime Ask The Storybots ini sangat cocok disuguhkan kapada anak-anak yang sedang belajar mengenal banyak hal. Banyak terselip pesan moral yang diajarkan dalam animasi Ask The Storybots seperti rasa penasaran anak yang besar beberapa terjawab dalam animasi lucu ini. Misalnya saja mengapa harus selalu menggosok gigi dan lainnya.

10. Martha Speaks.

foto: pbswisconsin.org

Serial kartun Martha Speaks mengajarkan kepada anak-anak untuk mengenal banyak kata dan bagaimana cara mengatasinya. Tidak hanya itu, Martha juga mengajarkan kepada anak-anak bagaimana memecahkan suatu permasalahan.

Belajar sambil bermain menjadi yang begitu menyenangkan bagi anak-anak, jadi animasi ini bisa menjadi acuan orangtua untuk diberikan kepada anak-anaknya.