Brilio.net - Tak ada pemberitaan besar-besaran yang mendahului kedatangan Melinda Gates, istri dari seorang yang baru saja ditetapkan sebagai manusia terkaya di dunia versi Majalah Forbes, Bill Gates, ke Indonesia. Pada Rabu (22/3), Melinda membagikan beberapa foto aktivitasnya melalu media sosial.

Co-chair dari Bill & Melinda Gates Foundation ini diketahui berkunjung ke Yogyakarta dalam rangka melakukan penelitian dalam rangka menciptakan pengobatan dari penyakit yang disebabkan oleh penyebaran virus nyamuk di dalam tubuh manusia. Proyek ilmiah ini merupakan lanjutan dari yang telah dilakukan satu tahun sebelumnya, bernama Eliminate Dengue Program (EDP). Sebagian pembiayaan EDP berasal dari yayasan Bill & Melinda Gates Foundation, merupakan upaya penanganan terhadap penyebaran penyakit Zika. Sumber penyakit ini adalah virus yang dibawa nyamuk yang sama dengan penyebab demam berdarah, Aedes aegypti. Beberapa tahun belakangan Zika merebak di Amerika latin dan Karibia.

Melinda mengaku tertarik saat mengunjungi Laboratorium Eliminate Dengue. Di sini, para peneliti menginfeksi nyamuk dengan bakteri bernama Wolbachia. Bakteri ini dapat mencegah virus dari mereplikasi diri ketika ada dalam tubuh nyamuk. Sehingga dapat dipastikan, nyamuk tidak akan menyebarkan virus berbahaya ketika menusuk bagian tubuh manusia untuk mengisap darah.

Berikut yang ditulis Melinda sebagai pengantar unggahan fotonya.

“Saat ini saya sedang dalam kunjungan belajar di Indonesia. Hari pertama cukup luar biasa--penuh dengan pemandangan yang menakjubkan, percakapan yang mengasyikkan, dan pertemuan yang mendebarkan yang membuat saya optimis akan masa depan Indonesia.

Loading...

Saya sangat antusias mengunjungi Laboratorium Eliminate Dengue, tempat para peneliti menginfeksi nyamuk dengan bakteri yang disebut Wolbachia. Bakteri itu mencegah virus bereplikasi di dalam tubuh nyamuk, yang memastikan nyamuk itu tak dapat menularkan virus mematikan ke tubuh manusia.

Teknologi ini dapat menyelamatkan kehidupan. Ini bahkan dapat diterapkan pada Zika. Ini juga sebagai bukti kemajuan luar biasa yang kami buat dalam perang global melawan penyakit."

Berikut adalah beberapa foto aktivitas Melinda gates, seperti dirilis dari media sosial.

1. Saat berada di Laboratorium Eliminate Dengue bersama CEO Bill & Melinda Gates Foundation, Sue Desmond-Hellmann dan Scott O’Neill, Direktur Laboratorium Eliminate Dengue.

Melinda Gates Indonesia  © 2017 facebook

2. Menuju rumah warga di Yogyakarta memantau penangkapan nyamuk yang nantinya akan digunakan oleh para peneliti untuk mengetahui bagaimana bakteri Wolbachia dapat menyebar di dalam tubuh nyamuk. Setiap nyamuk yang telah diinjeksi oleh bakteri ini dapat mengurangi ancaman virus yang menyebabkan penyakit.

Melinda Gates Indonesia  © 2017 facebook

3. Melinda mengaku menyukai mural ini, merupakan bentuk pendekatan kepada warga tentang upaya ilmiah pencegahan sakit yang disebabkan virus dari nyamuk.

Melinda Gates Indonesia  © 2017 facebook

4. Mengamati pergerakan bakteri Wolbachia. Membuat Melinda flashback pada materi biologi saat sekolah dulu. Dia ingat perkataan gurunya bahwa sains dapat menyelamatkan kehidupan umat manusia. Melinda mengatakan, mendapatkan buktinya.

Melinda Gates Indonesia  © 2017 facebook

5. "Indonesia yang indah" tulisnya sebagai caption.

Melinda Gates Indonesia  © 2017 facebook

6. Saat makan siang.

Melinda Gates Indonesia  © 2017 facebook

7. Menyempatkan selfie dengan Sue Desmond-Hellmann.

Melinda Gates Indonesia  © 2017 facebook