1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Ekonomi
Andry Trysandy Mahany 20 Desember 2016 16:37

10 Orang Indonesia ini paling kaya raya di 2016, nomor satu siapa ya?

Mereka bisa meraup pundi-pundi rupiah fantastis itu rata-rata dari bidang farmasi, tembakau dan perbankan.

Brilio.net - Tahun 2016 sebentar lagi berakhir. Forbes pun baru-baru ini merilis nama-nama yang menjadi orang terkaya di Indonesia pada tahun monyet api ini. Kebanyakan dari mereka adalah sosok yang sudah malang melintang di bisnis besar Tanah Air.

Sebut saja seperti farmasi, tembakau, dan perbankan. Lalu siapa ya, yang menjadi orang paling kaya di Indonesia tahun 2016?

Berikut daftarnya sebagaimana brilio.net rangkum dari laman Forbes Indonesia, Selasa (20/12).


10. Mochtar Riady.

foto: rumahadanya.com

Di posisi sepuluh ada nama Mochtar Riady. Pria berusia 87 tahun itu merupakan pendiri dan presiden komisaris dari Lippo Group. Total kekayaannya mencapai Rp 25,5 triliun.


9. Murdaya Poo.

foto: forbes.com

Selanjutnya ada Murdaya Poo. Pria yang pernah menjadi Anggota DPR Komisi III ini punya banyak bisnis yang bergerak di berbagai industri dengan kekayaan USD 2,1 miliar atau sekitar Rp 28,2 triliun.


8. Tahir.

foto: indonesiatatler.com

Dato' Sri Tahir adalah seorang pengusaha di Indonesia, investor, filantropis, sekaligus pendiri Mayapada Group, sebuah holding company yang memiliki beberapa unit usaha di Indonesia. Total kekayaannya adalah Rp 41,6 triliun.


7. Boenjamin Setiawan.

foto: indrasmansamapin.blogspot.co.id

Unggul tipis dari Tahir, ada nama Boenjamin Setiawan. Ia punya kekayaan sekitar Rp 44 triliun. Pundi-pundi Rupiah yang ia miliki kebanyakan berasal dari sektor farmasi, yaitu PT Kalbe Farma.


6. Chairul Tanjung.

foto: berkuliah.com

Selanjutnya ada pendiri CT Corp, Chairul Tanjung. Pria yang pernah menjabat sebagai Menko Perekonomian ini punya kekayaan sekitar Rp 65 triliun.


5. Sri Prakash Lohia.

foto: profilbos.com

Di nomor lima ada Sri Prakash Lohia. Usahanya banyak bergerak di bidang petrokimia dan tekstil. Dari situ ia sukses meraup kekayaan hingga Rp 67 triliun.


4. Eka Tjipta Widjaja.

foto: maxmanroe.com

Eka Tjipta Widjaja adalah seorang pengusaha dan pendiri Sinar Mas, sebuah perusahaan bisnis yang bergerak di berbagai sektor, seperti kertas, agribisnis, makanan, hingga jasa keuangan. Total kekayaan yang ia miliki sekitar Rp 75 triliun.


3. Anthoni Salim.

foto: forbes.com

Anthoni Salim punya usaha yang bergerak di berbagai macam industri dengan kekayaan USD 5,6 miliar atau sekitar Rp 76,5 triliun.


2. Susilo Wonowidjojo.

foto: forbes.com

Di posisi runner-up ada nama Susilo Wonowidjojo. Pria berusia 60 tahun itu merupakan pendiri Gudang Garam. Dari bisnis tembakau tersebut, ia sukses meraup pundi-pundi rupiah hingga Rp 95 triliun.


1. Budi dan Michael Hartono.

foto: forbes.com

Dan posisi pertama masih dipegang oleh kakak-beradik Budi dan Michael Hartono. Sumber kekayaan dua bersaudara itu berasal dari industri rokok. Keduanya merupakan pemilik Group Djarum.

Selain itu mereka juga berjaya dari industri perbankan. Budi dan Michael tercatat memiliki saham PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Dari situ total kekayaan mereka adalah USD 17,1 miliar atau sekitar Rp 229 triliun.

 

 

(brl/gib)

Kades Wanita Pemberani dari Lereng Merapi
Dia lawan mafia tambang perusak lingkungan.

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?