Brilio.net - Sejarah baru dibuat oleh Sadiq Khan. Ia menjadi orang beragama Islam atau muslim pertama yang berhasil menjadi Wali Kota London, Ibu Kota negara Inggris. Dirinya oleh beberapa netizen di Indonesia disebut sebagai 'Ahok' dari Inggris.

Nah, kamu harus tahu 8 fakta tentang Sadiq Khan yang tak akan kamu sangka-sangka, yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/5):

1. Mendukung pernikahan sesama jenis

Shadiq Khan © 2016 brilio.net

Foto : standard.co.uk

Loading...

Meski seorang muslim yang taat, Sadiq pada 2013 lalu pernah menyuarakan dukungannya terhadap pernikahan sesama jenis yang jelas berlawanan dengan ajaran agamanya.

2. Kerap mengunjungi Pub dan menolak penutupan Pub.

Shadiq Khan © 2016 brilio.net

Foto : Newszone365.com

Sekali lagi, ia membuat kontroversi ketika Sadiq diketahui sering datang ke Pub dan menolak penutupan Pub meskipun dirinya tidak minum minuman beralkohol.

3. Muslim pertama yang jadi anggota parlemen di Inggris.

Shadiq Khan © 2016 brilio.net

Foto : Jihadwatch.org

Selain sebagai Wali Kota pertama London yang beragama Islam, dirinya juga pernah tercatat sebagai Muslim pertama yang menjadi anggota Parlemen pada 2005 silam.

4. Istilah Uncle Tom yang legendaris

Shadiq Khan © 2016 brilio.net

Foto : telegraph.co.uk

Sadiq punya istilah unik yaitu 'Uncle Tom' untuk menyebut Muslim Moderat. Hal itu tercetus dalam sebuah wawancara televisi pada 2009 lalu meski dikemudian hari istilah tersebut disesalinya.

Kamu nggak menyangka kan? KLIK NEXT untuk melanjutkan.