Brilio.net - Sejarah baru dibuat oleh Sadiq Khan. Ia menjadi orang beragama Islam atau muslim pertama yang berhasil menjadi Wali Kota London, Ibu Kota negara Inggris. Dirinya oleh beberapa netizen di Indonesia disebut sebagai 'Ahok' dari Inggris.

Nah, kamu harus tahu 8 fakta tentang Sadiq Khan yang tak akan kamu sangka-sangka, yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/5):

1. Mendukung pernikahan sesama jenis

Foto : standard.co.uk

Meski seorang muslim yang taat, Sadiq pada 2013 lalu pernah menyuarakan dukungannya terhadap pernikahan sesama jenis yang jelas berlawanan dengan ajaran agamanya.

2. Kerap mengunjungi Pub dan menolak penutupan Pub.

Foto : Newszone365.com

Sekali lagi, ia membuat kontroversi ketika Sadiq diketahui sering datang ke Pub dan menolak penutupan Pub meskipun dirinya tidak minum minuman beralkohol.

3. Muslim pertama yang jadi anggota parlemen di Inggris.

Foto : Jihadwatch.org

Selain sebagai Wali Kota pertama London yang beragama Islam, dirinya juga pernah tercatat sebagai Muslim pertama yang menjadi anggota Parlemen pada 2005 silam.

4. Istilah Uncle Tom yang legendaris

Foto : telegraph.co.uk

Sadiq punya istilah unik yaitu 'Uncle Tom' untuk menyebut Muslim Moderat. Hal itu tercetus dalam sebuah wawancara televisi pada 2009 lalu meski dikemudian hari istilah tersebut disesalinya.

Kamu nggak menyangka kan? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman


5. Mengalahkan saingannya yang asli Inggris.

Foto : Theguardian.com

Ia mengukir sejarah menjadi wali kota London pertama yang beragama Islam dengan mengalahkan Zac Goldsmith yang merupakan pribumi.

6. Anak seorang sopir bus dan penjahit.

Foto : metro.co.uk

Bak kisah di negeri dongeng, Sadiq berhasil mengangkat harkat dan martabat keluarganya ke taraf tertinggi saat diangkat menjadi wali kota London. Orangtuanya seorang sopir bus dan ibunya seorang penjahit. Membanggakan!

7. Anak orang miskin yang mengukir sejarah.

Foto : telegraph.co.uk

Sebagai anak sopir bus dan penjahit, kehidupan Sadiq Khan masa kecil jauh dari predikat orang kaya. Tapi kemiskinan bukan halangan baginya menggapai posisi yang keren tersebut.

8. Dicap sebagai ekstremis oleh lawannya dalam pemilihan wali kota London.

Foto : telegraph.co.uk

Ada-ada saja cara Zac Goldsmith dalam menjatuhkan citra Sadiq. Meski beberapa kali berbuat kontroversi yang bertentangan dengan agama yang dianutnya, Zac dalam suatu kesempatan menyebut Sadiq punya hubungan dengan kaum ekstremis.