×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Rayakan 72 tahun Indonesia, 48 lukisan istana dipamerkan ke publik

View Image

0

BRILIO » Serius

Rayakan 72 tahun Indonesia, 48 lukisan istana dipamerkan ke publik

Koleksi itu berasal dari Istana Merdeka, Istana Negara, Istana Bogor, Istana Cipanas, Istana Tampaksiring dan Gedung Agung.

01 / 08 / 2017

Brilio.net - Ada yang sedikit berbeda pada peringatan 72 tahun Indonesia kali ini, yaitu akan ada pameran lukisan bertema Senandung Ibu Pertiwi. Pameran itu menyuguhkan materi 48 lukisan koleksi Istana Kepresidenan di seluruh Indonesia.

Lembaga kepresidenan Indonesia memiliki beberapa istana, yaitu Istana Merdeka, Istana Negara, yang ada di Jakarta, Istana Bogor di Bogor, Istana Cipanas, yang ada di Jawa Barat, Istana Tampaksiring di Bali, serta Gedung Agung di Yogyakarta.

"Besok pembukaannya akan dihadiri presiden, dan para menteri," kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Hartono, saat jumpa pers Pameran Lukisan Koleksi Istana Kepresidenan Senandung Ibu Pertiwi, di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (31/7).

Istana kepresidenan memiliki koleksi seni bernilai sangat tinggi dan bersejarah dalam jumlah banyak dari dalam dan luar negeri. Terdiri dari seni lukis, seni patung, benda perhiasan, porselen, alat tulis dan perlengkapan makan, cindera mata tokoh-tokoh dunia, dan lain-lain.

Presiden Soekarno berperan besar dalam sentuhan seni-budaya di istana-istana kepresidenan pada saat itu. Seni juga menjadi alat perjuangan dan pembentukan karakter bangsa.

Loading...

Menurutnya, tujuan Senandung Ibu Pertiwi itu memberikan akses kepada publik tentang koleksi benda-benda seni dan bersejarah bernilai tinggi milik negara yang ada di istana-istana kepresidenan. Sebanyak 48 lukisan dari 41 pelukis yang selama ini dipajang di istana-istana kepresidenan akan dipamerkan kepada masyarakat di Galeri Nasional, di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta.

"Harapan kami adalah semua masyarakat antusias melihat koleksi ini," terangnya dikutip Antara.

Selain ditujukan kepada masyarakat domestik, pemerintah juga bermaksud menunjukkan karya-karya unggulan seniman Indonesia kepada komunitas internasional. Pameran rencananya dibuka Presiden Joko Widodo pada 1 Agustus 2017 dan akan dibuka untuk umum mulai 2-30 Agustus 2017 tanpa dipungut biaya tiket masuk.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    50%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more