Brilio.net - Dunia seni Indonesia khususnya komik, sedang bersedih lantaran Harya Suraminata atau yang kerap disapa Hasmi (69), pencipta komik Gundala Putra Petir telah berpulang pada Minggu (6/11). Kepulangan ayah dari dua anak ini tentu menjadi kesedihan banyak orang, termasuk para seniman Indonesia lainnya.

Beberapa seniman tampak hadir dalam prosesi pemakaman Hasmi di Kompleks Makam Giri Sapto yang merupakan komplek makam para seniman Yogyakarta, Senin (7/11). Salah satu yang terlihat setia dari awal prosesi hingga selesai adalah seniman Butet Kartaredjasa.

Hasmi Gundala Putra Petir meninggal 1-3 © 2016 brilio.net

Hasmi Gundala Putra Petir meninggal-© 2016 brilio.net/Istimewa

Seniman yang juga kerap tampil di televisi ini datang bersama keluarga Hasmi. Butet datang mengenakan kaos hitam dengan gambar karakter Gundala Putra Petir. Menurut Butet, Hasmi adalah sosok yang sangat rendah hati meski memiliki nama yang besar.

Loading...

"Dia itu orang besar yang sangat rendah hati, sangat mudah bergaul dengan banyak orang dan mau berbagi ilmu dengan siapa saja," ungkap Butet saat ditemui di kompleks pemakaman.

Selain itu, menurut Butet Hasmi adalah orang yang menyaksikan bagaimana Butet bermain teater sejak awal. Dia mengaku banyak belajar dari Hasmi.

"Hasmi itu orang yang melihat saya bermain teater sejak awal," lanjutnya.

Selain Butet, seniman seperti Den Baguse Ngarso, Untung Basuki, dan anak-anak muda yang mencintai karya Hasmi turut hadir dalam prosesi pemakaman tersebut.

Hasmi Gundala Putra Petir meninggal 1-3 © 2016 brilio.net

Hasmi Gundala Putra Petir meninggal-© 2016 brilio.net/Istimewa

Selamat jalan Pak Hasmi, terima kasih untuk karya yang tak lekang dimakan waktu.