Brilio.net - Kabar duka datang dari dunia seni tanah air. Komikus pencipta karakter Gundala Putra Petir, Harya Suryaminata berpulang pada minggu (5/11) di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta. Pria yang lebih akrab dengan panggilan Hasmi ini menghembuskan nafas terakhir pada pukul 12.30 WIB dalam usia 70 tahun.

Pujiyati, istri Hasmi ketika dihubungi brilio.net pada Minggu (5/11) menyatakan bahwa sedianya jenazah akan dimakamkan di Makam Seniman Budayawan Giri Sapto Bantul. "Pemakamannya besok (Senin) tapi jamnya masih belum pasti," tuturnya. 

hasmi gundala  © 2016 brilio.net



Semasa hidup Hasmi aktif menggambar dan menulis skenario. Karyanya yang paling fenomenal adalah Gundala Putra Petir. Ada 23 judul buku seri Gundala yang terbit dalam kurun waktu 1969-1982. Namun sebelum itu pada 1968 dia menciptakan karakter Maza.

hasmi gundala  © 2016 brilio.net



Pada 1996 Godam dan Aquanus yang merupakan karakter superhero ciptaan Wid NS bertemu dengan karakter superhero ciptaan Hasmi, Gundala dan Maza dalam suatu serial komik berjudul Patriot. Beberapa karakter komik lain ciptaan Hasmi seperti Merpati, Kalong, dan Jin Kartubi.

hasmi gundala  © 2016 brilio.net



Selamat jalan Pak Hasmi. Namamu akan dikenang lewat karya yang telah ditorehkan.