Brilio.net - Kemampuan anak muda tidak diragukan. Sejarah telah membuktikan bahwa banyak pemimpin muda di dunia. Tidak hanya bermodal nekat, namun juga memiliki kemampuan yang mengantarkan nama mereka tercatat dalam tinta emas sejarah.

Sudah bukan rahasia lagi kalau pemuda Indonesia selalu mengambil bagian dalam setiap peristiwa-peristiwa bersejarah yang terjadi di Indonesia. Baik sebelum kemerdekaan, maupun sesudah kemerdekaan. Bisa dibuktikan dengan umur-umur para pejuang kemerdekaan Indonesia yang rata-rata berumur 20-35 tahun saat itu.

Berikut sejumlah nama yang tercatat dalam sejarah menjadi pemimpin muda yang berhasil, Kamis (4/8).

1. Sukarno.

tokoh indonesia Istimewa

Saat melawan Belanda dengan "Indonesia Menggugat" pada Desember 1930, ia baru berusia 29 tahun. Pledoi yang dibacakan di pengadilan Landraad Bandung ini menggelorakan rakyat untuk merdeka.

2. Moh Hatta.

tokoh indonesia Istimewa

foto: historia.id

Patner Bung Karno di masa pra kemerdekaan, hingga awal kemerdekaan ini juga berusia 30-an tahun saat melakukan banyak hal demi persiapan kemerdekaan.

3. Hamengkubuwana IX.

tokoh indonesia Istimewa

foto: www.explorekeratonyogyakarta.com

Hamengkubuwana IX dinobatkan sebagai raja pada usia 28 tahun, Maret 1940. Perannya sangat penting dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

4. Sutomo.

tokoh indonesia Istimewa

Sutomo dengan kawan-kawannya yang berusia 20-25 tahun mendirikan Budi Utomo pada 20 Mei 1908. Organisasi ini menjadi awal kebangkitan Indonesia.

5. Sutan Syahrir

tokoh indonesia Istimewa

Syahrir berusia 21 tahun saat menjadi salah satu dari sepuluh orang penggagas pendirian himpunan pemuda nasionalis, Jong Indonesië. Perhimpunan itu menjadi motor penyelenggaraan Kongres Pemuda Indonesia.

6. Tan Malaka.

tokoh indonesia Istimewa

foto: earthofpeople.wordpress.com

Ini merupakan tokoh misterius, namun Bung Karno mengakuinya mempunyai peran besar dalam kemerdekaan. Dia pandai menggalang massa.

7. Bung Tomo.

tokoh indonesia Istimewa

Perlawanan heroik pada 10 November 1945 tidak bisa sangat erat dengan nama Bung Tomo yang membakar semangat para pejuang untuk melawan penjajah hingga titik darah penghabisan.

Guna menggelorakan kembali semangat muda, maka pada 13 Agustus mendatang, akan digelar Young On Top National Conference. Konferensi ini di antaranya ingin mengenang kembali pesan Bung Karno yang sangat fenomenal, "Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia!"

 

(brl/pep)

(brl/pep)