Brilio.net - Kabar terjadinya ledakan di Beirut, Lebanon pada Selasa (4/8) mengejutkan dunia. Dilansir brilio.net dari Aljazeera pada Jumat (7/8), berdasarkan hasil investigasi, Kepala Keamanan Umum Lebanon Abbas Ibrahim mengatakan pemicu ledakan dahsyat diduga berasal dari 2.700 ton amonium nitrat. Bahan kimia tersebut disimpan di pelabuhan Beirut sebelum dikirim ke Afrika.

Akibat peristiwa tersebuut, dilaporakan ratusan orang terluka. Dilansir dari CNN, 137 korban tewas dan 5000 orang luka-luka akibat ledakan tersebut. Namun, jumlah korban yang dilaporkan tersebut akan terus bertambah.

Peristiwa ledakan tersebut pun telah mengubah situasi Beirut seketika. Keindahan ibu kota Lebanon itu tampak tertutupi debu dan puing-puing bangunan. Melansir dari Sky News (5/8), penduduk menyebut langit-langit bangunan dan jendela-jendela runtuh. Bahkan, bangunan-bangunan pun sebagian terlihat rata dengan tanah. Begitupun dengan suasana kota yang dilingkupi asap besar yang menjulang setelah ledakan. Di beragam media sosial juga memperlihatkan video mengenai momen dahsyat ledakan tersebut.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, kumpulan potret satelit kota Beirut, Lebanon sebelum dan sesudah ledakan terjadi pada Jumat (7/8).

1. Begini potret foto satelit kota Beirut sebelum dan sesudah ledakan yang terpotret pada 31 Mei 2020 dan 5 Agustus 2020.

Loading...

 Foto satelit gambarkan Beirut Lebanon  © 2020 Twitter

foto: Twitter/@planetlabs

2. Tak hanya bangunan, namun sejumlah kapal yang berlabuh juga terkena dampak dari ledakan yang terjadi pada Selasa (4/8) lalu.

 Foto satelit gambarkan Beirut Lebanon  © 2020 Twitter

foto: Twitter/@BBCAmos

3. Hal ini terlihat jelas ketika salah seorang warga melingkari bagian yang terkena ledakan.

 Foto satelit gambarkan Beirut Lebanon  © 2020 Twitter

foto: Twitter/@MichaelNHB11

4. Ledakan ini pun memberikan dampak yang sangat besar terhadap bangunan-bangunan di dekat pusat ledakan hingga radius 3 KM.

 Foto satelit gambarkan Beirut Lebanon  © 2020 Twitter

foto: Twitter/@Maxar

5. Kota yang sebelumnya merupakan pusat industri di Lebanon ini, terlihat luluh lantak dan rata dengan tanah akibat ledakan tersebut.

 Foto satelit gambarkan Beirut Lebanon  © 2020 Twitter

foto: Twitter/@giewahyudi

6. Potret kota Beirut, Lebanon yang menunjukkan kehancuran dari kota tersebut setelah ledakan terjadi.