Brilio.net - Pada Selasa (4/8) kemarin, ledakan besar mengguncang Beirut, Lebanon. Kejadian ini berlangsung sore hari pukul 18.00 waktu Lebanon. Dilansir dari Liputan6.com, ribuan orang dilaporkan terluka akibat peristiwa tersebut. Dari data yang dilaporkan, korban yang terluka terus bertambah jumlahnya. Dari 10 orang kini sudah mencapai lebih dari 2.700 korban.

Pihak otoritas setempat masih mendalami penyebab ledakan yang terjadi di Beirut. Dilansir brilio.net dari Sky News melalui Liputan6 pada Rabu (5/8), dugaan awal ledakan ini disebabkan oleh bahan peledak yang disita bertahun-tahun lalu dan disimpan di pelabuhan kota. Pihak Kepala Keamanan Umum akan melakukan penyelidikan lebih mendalam atas peristiwa tersebut.

"Tampaknya ada gudang yang berisi material yang disita bertahun-tahun lalu dan tampaknya itu adalah material yang mudah meledak," ungkap Abbas Ibrahim, Kepala Keamanan Umum.

Saksi mata yang berada di lokasi kejadian melaporkan langit-langit bangunan runtuh dan jendela-jendela hancur. Editor Sky News, Zein Ja'far, yang berada di pusat kota Beirut pada ledakan yang terjadi Selasa 4 Agustus kemarin juga mengatakan ledakan besar tersebut menyebabkan jendela runtuh dan membentuk seperti gua.

"Ledakan ini merobek fasad bangunan tempat kami berada, dan begitu debu mereda, kami dan orang lain di blok ini bergegas ke luar. Benar-benar pemandangan yang mengkhawatirkan," ungkapnya.

Loading...

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber mengenai kondisi sesudah ledakan di Beirut, Lebanon pada Rabu (5/8).

1. Gubernur Beirut, Marwan Abboud, mengatakan ledakan besar yang terjadi di ibu kota Lebanon pada Selasa (4/8) mengingatkannya pada peristiwa bom atom Hiroshima dan Nagasaki di Jepang saat Perang Dunia II.

kondisi pasca ledakan © 2020 berbagai sumber

foto: Twitter/@Sunniva_Rose

2. "Peristiwa ini mirip dengan apa yang terjadi di Jepang, di Hiroshima dan Nagasaki. Dalam hidup saya, saya belum pernah melihat kehancuran dengan skala besar seperti ini. Ini adalah bencana nasional," ujar Abboud dikutip dari CNN.

kondisi pasca ledakan © 2020 berbagai sumber

foto: Instagram/@hypeinventions

3. Begini potret keadaan setelah terjadi ledakan. Di jalan Gouraund banyak orang terluka dan berdarah.-

4. Mobil dan beberapa bangunan pun hancur karena ledakan yang terjadi. Barang-barang pun berserakan dimana-mana.

kondisi pasca ledakan © 2020 berbagai sumber

foto: Twitter/@Sunniva_Rose

5. Potret salah satu sudut perkantoran di Beirut Lebanon dekat lokasi ledakan. Banyak kertas berserakan.

kondisi pasca ledakan © 2020 berbagai sumber

foto: Instagram/@hypeinventions

6. Kondisi Pusat kota Beirut 1 jam setelah ledakan besar. Kaca ada dimana-mana. Toko-toko hancur sampai ke Sassine.

7. Tak jauh berbeda dengan rumah-rumah warga, bangunan mal dan pusat perbelanjaan pun porak-poranda.

8. Anak-anak yang terluka oleh pecahan peluru pun segera dibawa menuju rumah sakit melalui jalan-jalan di Gemmayze Beirut.

9. Warga pun ketakutan dan syok setelah kejadian ledakan tersebut terjadi.

10. Kondisi korban yang terluka di rumah sakit Beirut. Semua orang tampak panik.