Brilio.net - Excel adalah program aplikasi dari Microsoft yang digunakan untuk mengolah angka. Excel sangat penting karena dapat membantu kerja dalam berbagai hal, seperti membuat laporan keuangan, menghitung nilai, menganalisis data, membuat grafik, dan lain-lain. Excel juga mudah digunakan dan memiliki banyak fitur yang mempermudah pekerjaan. Oleh karena itu, excel menjadi salah satu skill yang wajib dikuasai dalam dunia kerja.

Excel memang memiliki beberapa rumus yang kompleks. Namun, jika rutin latihan akan lebih mudah menggunakannya. Salah satu fungsi excel yang penting dipelajari adalah Rumus vlookup dan hlookup. Secara sederhana rumus vlookup dan hlookup adalah rumus excel yang digunakan untuk mencari data dalam sebuah tabel referensi.

Rumus vlookup digunakan untuk mencari data secara vertikal, yaitu berdasarkan kolom-kolom tabel. Rumus hlookup digunakan untuk mencari data secara horizontal, yaitu berdasarkan baris-baris tabel. Dengan menggunakan rumus vlookup dan hlookup ini, kamu tidak perlu repot-repot menganalisis data secara manual yang membutuhkan waktu cukup lama. Sehingga penting untuk mempelajari rumus vlookup dan hlookup. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (20/11)

Rumus vlookup dan hlookup.

rumus vlookup dan hlookup © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Rumus vlookup dan hlookup adalah rumus excel yang digunakan untuk mencari data dalam sebuah tabel referensi. Rumus vlookup digunakan untuk mencari data secara vertikal, yaitu berdasarkan kolom-kolom tabel. Rumus hlookup digunakan untuk mencari data secara horizontal, yaitu berdasarkan baris-baris tabel. Rumus vlookup dan hlookup memiliki sintaks sebagai berikut:

1. =VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])

2. =HLOOKUP(lookup_value, table_array, row_index_num, [range_lookup])

Keterangan:

- lookup_value adalah nilai atau sel yang ingin dicocokkan dengan tabel referensi.

- table_array adalah rentang sel yang berisi tabel referensi.

- col_index_num adalah nomor kolom yang berisi data yang ingin ditampilkan dari tabel referensi (untuk vlookup).

- row_index_num adalah nomor baris yang berisi data yang ingin ditampilkan dari tabel referensi (untuk hlookup).

- [range_lookup] adalah argumen opsional yang menentukan apakah pencarian dilakukan secara tepat (FALSE) atau mendekati (TRUE). Jika tidak ditentukan, maka nilai defaultnya adalah TRUE.

Perbedaan rumus vlookup dan hlookup.

rumus vlookup dan hlookup © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Perbedaan utama antara rumus vlookup dan hlookup sebagai berikut:

1. Rumus vlookup membutuhkan argumen col_index_num, yaitu nomor kolom yang berisi data yang ingin ditampilkan dari tabel referensi. Rumus hlookup membutuhkan argumen row_index_num, yaitu nomor baris yang berisi data yang ingin ditampilkan dari tabel referensi.

2. Rumus vlookup mencocokkan data berdasarkan nilai di kolom pertama tabel referensi. Rumus hlookup mencocokkan data berdasarkan nilai di baris pertama tabel referensi.

3. Rumus vlookup lebih cocok digunakan untuk tabel yang disusun secara vertikal, yaitu data diurutkan dari atas ke bawah. Rumus hlookup lebih cocok digunakan untuk tabel yang disusun secara horizontal, yaitu data diurutkan dari kiri ke kanan.

Manfaat Rumus vlookup dan hlookup.

rumus vlookup dan hlookup © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Adapun manfaat dari rumus vlookup dan hlookup sebagai berikut:

1. Mempercepat pengolahan data, karena tidak perlu mencari data secara manual, melainkan excel yang akan melakukannya untuk kamu.

2. Menghasilkan pengambilan data yang akurat, karena dapat menentukan kriteria pencarian yang tepat atau mendekati.

3. Memudahkan pengambilan data dari tabel yang besar atau kompleks, karena dapat menggunakan nama range atau referensi sel untuk menentukan tabel referensi.

4. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja, karena dapat menghemat waktu dan tenaga dalam mengolah data.