Brilio.net - Kerja lembur, scroll media sosial, main game online bareng, nongkrong, dan berbagai kegiatan lain yang biasa dilakukan para anak muda di malam hari, ternyata menyimpan malapetaka untuk jangka panjang. Keseluruhan aktivitas tersebut menyebabkan kurangnya waktu istirahat yang berujung pada begadang. Begadang bagi kaum milenial sepertinya sudah menjadi rutinitas biasa, padahal ada begitu banyak bahaya yang bisa timbul dari aktivitas tersebut jika dilakukan secara terus menerus.

Walaupun sering disepelekan, begadang atau kurang tidur menurut para ahli kesehatan mampu meningkatkan risiko penyakit dan menyebabkan fungsi kesehatan tubuh menurun. Seperti berat badan semakin naik, mudah lupa, mudah terserang penyakit, dan lain sebagainya. Kondisi ini bisa diperparah dengan kebiasan buruk lain yang mengakibatkan kerusakan pada organ tubuh seperti mengonsumsi makanan berlebihan, berpikiran buruk (overthinking), dan menonton gadget dalam jarak dekat.

Dampak negatif begadang bagi kesehatan tubuh mungkin tidak serta merta terasa atau terlihat langsung saat ini. Namun berbagai penurunan fungsi tubuh seperti otak, jantung, hati, dan organ lainnya akan semakin parah dalam waktu yang panjang. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui informasi seputar dampak negatif begadang, agar kamu menyadari bahaya yang mengancam yang disebabkan kurangnya waktu istirahat di malam hari. Dengan demikian, kamu perlu menerapkan pola hidup sehat, istirahat yang cukup, dan aktif beraktivitas di waktu yang produktif.

Tidak perlu berlama-lama lagi, yuk simak 7 dampak negatif begadang bagi kesehatan tubuh, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (25/4).

 

 

 

 

(Magang/Zidan Fajri)