Brilio.net - Salah satu formula yang cukup mudah dipelajari adalah rumus excel pengurangan. Bahkan orang yang masih awam pun pasti dengan mudah mengoperasikan rumus excel pengurangan ini. Nah, penting dipahami bahwa rumus excel pengurangan adalah salah satu rumus yang sering digunakan dalam pengolahan data di lembar kerja excel.

Rumus excel pengurangan sering banget digunakan untuk menghitung selisih antara dua atau lebih nilai, baik itu angka, referensi sel, atau fungsi lainnya. Rumus excel pengurangan juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti menghitung stok barang, menghitung selisih waktu, menghitung selisih persen, dan lain-lain.

Namun, bagaimana cara menggunakan rumus excel pengurangan dengan benar dan efektif? Apa saja jenis-jenis rumus excel pengurangan yang ada?

Berikut ulasan lengkap tentang rumus excel pengurangan mulai dari konsep dan cara pengerjaannya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (8/11)

Rumus excel pengurangan

Rumus excel pengurangan © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Definisi excel pengurangan adalah penjelasan tentang cara untuk menghitung selisih antara dua atau lebih angka di lembar kerja excel. Excel pengurangan adalah salah satu operasi aritmatika dasar yang sering digunakan dalam berbagai perhitungan, seperti menghitung stok barang, menghitung selisih waktu, menghitung selisih persen, dan lain-lain.

Ada beberapa cara untuk melakukan excel pengurangan, yaitu:

1. Menggunakan operator minus (-) untuk mengurangi angka secara langsung. Misalnya, =50-10-5-3 akan menghasilkan 32.

2. Menggunakan referensi sel untuk mengurangi nilai yang ada di sel tertentu. Misalnya, =A2-B2 akan mengurangi nilai di sel B2 dari nilai di sel A2.

3. Menggunakan fungsi SUM dengan tanda negatif (-) untuk mengurangi sejumlah angka atau rentang sel. Misalnya, =SUM(A2:A5)-SUM(B2:B5) akan mengurangi jumlah nilai di rentang B2:B5 dari jumlah nilai di rentang A2:A5.

4. Menggunakan fungsi MIN untuk mencari nilai terkecil dalam serangkaian nilai. Misalnya, =MIN(A2:A5) akan mengembalikan nilai terkecil di rentang A2:A5.