Brilio.net - Perlu kamu ketahui, rumus Vlookup dalam Microsoft Excel adalah salah satu fungsi pencarian yang sangat berguna untuk menemukan dan menarik data dari sebuah tabel atau rentang data berdasarkan nilai yang sudah ditentukan.

Fungsi ini sangat populer dalam pengolahan data dan analisis, karena memungkinkan pengguna untuk mencocokkan nilai tertentu dalam suatu kolom dan mengambil nilai terkait dari kolom lain.

Nah untuk tahu lebih jauh tentang penjelasan rumus vlookup, pengertian, cara menggunakannya, serta beberapa contoh penggunaannya, mari ulasan lengkapnya seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (25/10).

Pengertian VLOOKUP

Vlookup adalah singkatan dari "Vertical Lookup." Rumus ini biasanya digunakan untuk mencari nilai dalam kolom tertentu dalam suatu tabel atau rentang data. Selain itu, fungsi ini akan mengambil nilai terkait dari kolom lain yang ada dalam baris yang sesuai dengan nilai yang ditemukan.

Rumus Vlookup sangat berguna untuk menghubungkan data dari berbagai tabel atau rentang. Misalnya untuk menggabungkan data dari berbagai sumber atau untuk membuat laporan yang lebih rapi.

Rumus Vlookup memiliki beberapa catatan yang harus diperhatikan:

Rumus vlookup dalam Microsoft Excel Berbagai sumber

Rumus vlookup dalam Microsoft Excel
freepik.com

1. Nilai yang Dicari (lookup_value) adalah nilai yang akan kamu cari dalam kolom pertama atau kolom kunci tabel atau rentang data.

2. Tabel atau Rentang Data (table_array): Area data tempat kamu akan mencari nilai. Kolom pertama dari tabel ini harus berisi nilai-nilai yang akan kamu cari.

3. Nomor Kolom Hasil (col_index_num): Nomor kolom dari tabel atau rentang data yang berisi nilai yang ingin kamu ambil. Kolom pertama dalam tabel ini dianggap sebagai nomor 1, kolom kedua sebagai nomor 2, dan seterusnya.

4. Mode Pencocokan (range_lookup): Argumen opsional yang menentukan apakah pencocokan nilai yang dicari harus eksak atau kurang eksak. Jika kamu ingin pencarian eksak, kamu dapat menggunakan "FALSE" atau "0". Jika kamu ingin pencarian kurang eksak (misalnya, pencocokan terdekat), kamu bisa menggunakan "TRUE" atau "1".

Catatan tambahan, jika kamu mengabaikan empat catatan di atas, Maka microsoft Excel akan mengasumsikan pencarian eksak.

Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP

Sekarang Mari perhatikan penjelasan mengenai langkah-langkah dalam menggunakan rumus VLOOKUP dalam Excel:

Langkah 1: Pastikan kamu memiliki data yang memadai untuk bekerja, seperti tabel atau rentang data yang berisi informasi yang ingin kamu cari dan ambil.

Langkah 2: Tentukan sel atau tempat di mana kamu ingin hasil pencarian muncul. Yakni tempat di mana kamu akan menempatkan rumus VLOOKUP.

Langkah 3: Masukkan rumus VLOOKUP dalam sel tersebut. Rumusnya akan terlihat seperti ini:

=VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, range_lookup)

- lookup_value adalah nilai yang ingin kamu cari
- table_array adalah rentang data yang akan kamu telusuri
- col_index_num adalah nomor kolom dari mana kamu ingin mengambil nilai terkait
- range_lookup adalah argumen opsional yang menentukan apakah kamu ingin pencarian eksak atau kurang eksak.

Langkah 4: Tekan "Enter" Hasil pencarian kamu akan muncul di sel tempat kamu memasukkan rumus VLOOKUP.