Brilio.net - Trapesium sama kaki merupakan salah satu bangun datar yang dipelajari dalam ilmu matematika. Trapesium sama kaki adalah sebuah bangun datar yang memiliki dua pasang sisi sejajar dan dua pasang sudut berlawanan yang sejajar dan berukuran sama. Namun, sisi yang tidak sejajar biasanya memiliki panjang yang berbeda.

Bentuk bangun datar trapesium sama kaki juga kerap dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari bentuk pintu, kaca jendela, papan billboard, atap, papan akrilik, dan meja. Maka dari itu, penting juga untuk mengetahui cara menghitung luas trapesium sama kaki.

Nah, supaya kamu lebih paham tentang bangun datar satu ini, brilio.net akan mengulas tentang rumus luas trapesium sama kaki beserta ciri dan contoh soal yang dirangkum dari berbagai sumber pada Rabu (18/10).

Pengertian dan rumus luas trapesium sama kaki

rumus luas trapesium sama kaki beserta ciri dan contoh soalnya © berbagai sumber

foto: Istimewa

Trapesium sama kaki adalah salah satu bangun datar yang memiliki dua pasang sisi sejajar dan dua pasang sudut yang berlawanan sejajar. Ciri khas dari trapesium sama kaki adalah panjang dua sisi sejajarnya sama, sementara dua sisi lainnya berbeda. Dua sudut yang berseberangan sejajar juga memiliki ukuran yang sama.

Trapesium sama kaki dapat digambarkan sebagai bangun datar yang memiliki bentuk seperti huruf "K" ketika dilihat dari sisi yang lebih panjang. Ini adalah salah satu bentuk trapesium yang umum dijumpai dalam matematika dan geometri. Salah satu aplikasi umum dari trapesium sama kaki adalah dalam menghitung luas bidang datar.

Rumus luas trapesium sama kaki adalah sebagai berikut:

Luas = (1/2) × (jumlah panjang sisi sejajar) × (tinggi)

Dalam rumus luas trapesium sama kaki, jumlah panjang sisi sejajar adalah jumlah panjang dua sisi yang sejajar (sisi atas dan bawah) dan tinggi adalah jarak vertikal antara dua sisi sejajar. Tinggi ini merupakan jarak tegak lurus dari salah satu sisi sejajar ke sisi sejajar yang berlawanan.

Jadi, untuk menghitung luas trapesium sama kaki, kamu harus mengetahui panjang sisi atas, panjang sisi bawah, dan tinggi trapesium tersebut.