Brilio.net - Saat mempelajari materi matematika pasti akan menemukan istilah translasi, refleksi, rotasi, dan dilatasi. Istilah dilatasi dapat dimaknai sebagai pengembangan, pemuaian, pembesaran, dan perkalian. Dilatasi adalah transformasi yang mengubah suatu ukuran (memperbesar atau memperkecil) suatu bangun geometri tanpa mengubah bentuk bangunnya.

Dilatasi transformasi geometri juga dikenal sebagai transformasi skala atau transformasi perbesaran atau pengencangan. Dilatasi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dilatasi dengan faktor skala yang lebih besar dari 1 (dilatasi pengencangan) dan dilatasi dengan faktor skala lebih kecil dari satu (dilatasi perbesaran).

Nah, supaya kamu lebih memahami tentang dilatasi transformasi geometri, yuk simak rangkuman brilio.net tentang rumus dilatasi transformasi geometri lengkap dengan pengertian, karakteristik, dan contoh soal dari berbagai sumber pada Selasa (17/10).

Pengertian dan rumus dilatasi transformasi geometri.

rumus dilatasi transformasi geometri © berbagai sumber

rumus dilatasi transformasi geometri
Istimewa

Dilatasi transformasi geometri adalah suatu proses di mana sebuah objek atau gambar pada bidang euclidean diperbesar atau diperkecil tanpa mengubah bentuk atau orientasinya. Dilatasi dapat didefinisikan dengan menggunakan faktor skala yang merupakan faktor semua panjang sisi dan jarak antara titik-titik pada objek diperbesar atau diperkecil. Faktor skala ini dapat lebih besar dari 1 (dilatasi perbesaran) atau lebih kecil dari 1 (dilatasi pengencangan).

Secara umum, jika kita memiliki titik (x, y) di bidang, dilatasi dengan faktor skala k akan menghasilkan titik (kx, ky). Koordinat titik-titik pada objek dikali dengan faktor k untuk menghasilkan koordinat titik-titik pada objek yang sudah diperbesar atau diperkecil. Dilatasi dapat dilakukan terhadap titik tunggal, garis, objek 2D, atau objek 3D.