Brilio.net - Logaritma adalah salah satu materi matematika yang sering dianggap sulit dan rumit oleh banyak siswa. Padahal, logaritma memiliki banyak manfaat dan aplikasi dalam bidang sains, teknologi, dan kehidupan sehari-hari. Lantas, apa itu logaritma?

Nah, secara sederhana logaritma adalah operasi matematika yang berhubungan dengan pemangkatan atau eksponen. Rumus ini digunakan untuk menentukan berapa kali suatu bilangan pokok harus dipangkatkan untuk mendapatkan bilangan numerusnya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut brilio.net berikan ulasan lengkap tentang rumus logaritma, beserta pengertian, sifat, dan contoh soal yang mudah dipahami, dihimpun dari berbagai sumber pada Jumat (13/10).

Pengertian logaritma

Rumus logaritma dan contoh soal © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Logaritma adalah fungsi matematika yang membalik operasi eksponensial. Dalam matematika, logaritma digunakan untuk mengukur eksponen yang perlu ditingkatkan ke suatu basis (bilangan) tertentu untuk menghasilkan bilangan tertentu.

Dalam kata sederhana, logaritma menjawab pertanyaan "ke pangkat berapa basis tertentu harus dinaikkan untuk mendapatkan nilai tertentu?”. Logaritma adalah cara untuk menentukan berapa kali suatu bilangan pokok harus dipangkatkan untuk mendapatkan bilangan numerus. Misalnya, jika 2 pangkat 3 sama dengan 8, maka logaritma basis 2 dari 8 adalah 3. Hal ini dapat ditulis sebagai:

2^3 = 8 atau 2 log 8 = 3

Logaritma umumnya ditulis sebagai berikut:

a log x = (c log x) / (c log a)

atau

Rumus umumnya:

log b (x) = y

Keterangan:

- Log b adalah fungsi logaritma dengan basis b.
- x adalah nilai yang ingin kita cari eksponennya.
- y adalah eksponen yang menghasilkan x saat ditingkatkan ke basis b.

Misalnya, jika kamu menemukan log2(8) = y, artinya kamu harus mencari eksponen y yang, saat bilangan 2 dinaikan ke pangkat y, menghasilkan 8. Jawabannya adalah y = 3, karena 2³ = 8.