Di era globalisasi saat ini, bahasa Inggris adalah bahasa yang sangat penting untuk dikuasai. Hal ini disebabkan bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Penggunaan Bahasa Inggris dapat memudahkan untuk mencari informasi serta dapat berbicara dengan orang luar negeri. Oleh karena itu, bahasa Inggris sudah diajarkan ketika duduk di bangku sekolah bahkan sejak usia dini.

Salah satu materi pelajaran bahasa Inggris yang diajarkan di sekolah adalah materi cause and effect. Untuk mengawali penjelasan mengenai cause and effect, hal yang harus wajib diketahui adalah tentang pengertiannya. Cause dapat diartikan sebagai penyebab atau sebab terjadinya suatu hal yang ciri-cirinya memiliki alasan, jawaban dari mengapa terjadi, kejadian di urutan pertama dan biasanya diawali dengan kata karena.

Sedangkan effect adalah hasil tindakan yang terjadi atau disebut dengan akibat. Seperti sebuah dari adanya tindakan, jawaban dari apa yang terjadi dan urutan cause effect atau kejadian ini berada setelah adanya cause atau sebab. Dapat disimpulkan cause and effect dalam bahasa Inggris merupakan sebuah kalimat yang di dalamnya mengandung setidaknya ada satu sebab dan satu akibat.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut ulasan lengkapnya seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (3/7).

Fungsi cause and effect. 

Adapun fungsi dari cause and effect sebagai berikut:

- For (untuk)
Digunakan untuk menghubungkan dua independend clause
Contoh: People are waiting in front of the store for the launching of brand new watch. (orang-orang menunggu di depan toko untuk peluncuran jam tangan merek terbaru).

- So (jadi)
Digunakan untuk menghubungkan dua independend clause. Bedanya dengan for, jika so digunakan dalam percakapan sehari-hari..
Contoh: I spent all of my money on this dress, so I have no money left. (saya menghabiskan banyak uang untuk membeli baju ini, jadi saya tidak punya uang lagi).

- Because (karena)
Digunakan untuk menghubungkan independent clause dan independent clause.
Contoh: My sister is crying because she is hungry. (saudaraku menangis karena dia lapar)

- Because of (dikarenakan oleh)
Diikuti oleh kata benda (noun), karena of merupakan kata depan.
Contoh: I couldn’t sleep well last night because of hot temperature. (saya tidak bisa tidur nyenyak semalam dikarenakan oleh suhu yang panas)

- The reason for (penyebab dari)
Sebaiknya diikuti dengan kata benda.
Contoh: The reason for flood in this city is garbage that people threw anywhere. (penyebab dari banjir di kota ini adalah sampah yang dibuang sembarangan oleh orang- orang)

- Due to (dikarenakan)
Merupakan compound preposition. Harus diikuti oleh kata benda.
Contoh: I need to go back to John’s house due to the heavy rain. (aku harus kembali ke rumah John dikarenakan hujan deras)

- Unless (kecuali jika)
Berfungsi untuk menunjukkan hubungan sebab-akibat.
Contoh: You won’t be champion unless you practice hard. (kamu tidak akan jadi pemenang kecuali jika kamu berlatih dengan keras)

Kata penghubung untuk menyatakan effect. 

Berikut fungsi penghubung dalam menyatakan effect:

- As a result (akibat dari)
Digunakan untuk menunjukkan akibat dari sesuatu.
Contoh: She never cleans her room. As a result, her room is always dirty. (dia tidak pernah membersihkan kamarnya. Sebagai akibatnya, kamarnya selalu kotor)

- Then (maka)
Digunakan sebagai kata penghubung untuk menunjukkan akibat (effect).
Contoh: Dina comes late to school, then she get punishment from teacher. (Dina datang terlambat ke sekolah, maka dia mendapatkan hukuman dari gurunya).

- Therefore (oleh karena itu)
Digunakan dalam kondisi formal, dan dalam sebuah tulisan.
Contoh: I didn’t bring any money. Therefore, I couldn’t buy anything there. (saya tidak membawa uang. Oleh karena itu, saya tidak bisa membeli apa pun)

- In order to (agar/supaya)
Lebih sering digunakan dalam sebuah percakapan dari pada tulisan.
Contoh: I will take the first bus in order to not get late to school. (saya mengambil bus pertama supaya tidak datang terlambat ke sekolah).

Berikut ulasan mengenai contoh soal cause and effect yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (3/10).