Brilio.net - Sebagai makhluk sosial, kamu setiap hari pasti melakukan interaksi satu sama lain. Salah satu interaksi yang sering terjadi setiap hari adalah saling bertanya dan memberikan saran. Dalam memberikan sebuah saran tentunya harus menggunakan kata-kata yang sesuai dengan bentuk kalimatnya dan tentunya sopan.

Dalam Bahasa Inggris, kalimat saran atau yang disebut juga dengan suggestion, merupakan kalimat yang secara kontekstual digunakan untuk memberikan saran atau masukan kepada orang lain. Secara umum, jenis kalimat ini tidak memiliki struktur atau rumus yang pasti dikarenakan karakteristiknya yang lebih menekankan pada arti dari kalimat tersebut.

Maka dari itu, kalimat suggestion dalam Bahasa Inggris dapat berupa dari berbagai jenis kalimat bentuk waktu baik dari present tense, past tense, perfect tense, future tense, continuous tense, hingga modals.

Kalimat saran © 2022 Istimewa

foto: freepik.com

Kalimat saran mengandung unsur komunikasi yang sangat kuat, tidak hanya memberikan sebuah saran, pendapat , atau bahkan memberikan pernyataan namun ada dorongan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu. Sepintas kalimat satu ini terdengar seperti kalimat perintah, hanya saja pendengarnya tidak memiliki kewajiban untuk melakukan atau mengikuti saran tersebut. Sarn sendiri diberikan oleh pembicara terhadap situasi dari pendengar dan diberikan berdasarkan sudut pandang pembicara.

Kalimat saran berisi kata kerja yang menggunakan bentuk pertama atau verb 1, sehingga kamu harus memahami dahulu bentuk awal atau verb 1 dari sebuah kata kerja sebelum membuat sebuah kalimat. Berikut ini brilio.net ulas ciri-ciri kalimat saran dalam bahasa Inggris beserta contoh penggunaannya, dirangkum dari berbagai sumber Sabtu (8/10).