Brilio.net -  Bukan hanya dalam bahasa Indonesia, kalimat aktif (active voice) dan kalimat pasif (passive voice) juga terdapat dalam bahasa Inggris. Untuk memahaminya pasti butuh contoh soal yang menjadi acuan untuk belajar. Materi kali ini akan fokus pada apa itu passive voice dan contoh soalnya.

Passive voice adalah sebuah kalimat yang menjadikan sebuah objek menjadi subjek. Fungsi dari passive voice yaitu untuk menunjukkan ketertarikan pada objek yang dikenai tindakan dan bukan objek yang melakukan tindakan.

Kali ini brilio.net sudah menyediakan beberapa contoh soal passive voice dan pastinya mudah dipahami dan sangat mudah, Kamis (6/10).

Rumus kalimat passive voice.

25 Contoh soal passive voice © 2022 berbagai sumber

foto: pixabay.com

1. Rumus passive voice untuk simple present tense.

Simple present tense adalah jenis tense bahasa Inggris yang paling banyak digunakan dalam kalimat. Adapun rumus kalimat passive voice untuk simple present tense berikut :

Subject + to be (is/am/are) + past participle (verb 3)

Contoh:
The most popular song of iron Maiden is written their bass player named steve Harris.

2. Rumus Passive Voice untuk Simple Past Tense.

Simple Past atau Simple Past Tense merupakan jenis tense bahasa Inggris untuk menyatakan suatu kejadian, tindakan, atau peristiwa yang sudah berlangsung pada masa lampau. Rumusnya sebagai berikut:

Subject + was/were + past participle

Contoh:
The computer was installed by my classmate.

3. Rumus Passive voice untuk simple future.

Simple Future Tense merupakan bentuk tense bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan suatu tindakan atau peristiwa yang terjadi pada masa depan. Rumusnya sebagai berikut :

Subject + will be + past participle

Contoh:
This computer network will be designed by a team of skillful technicians.

4. Rumus Passive Voice untuk Present Continuous.

Present Continuous Tense merupakan bentuk tense dalam bahasa Inggris yang dipakai untuk menjelaskan tindakan atau peristiwa dan aktivitas yang sedang berlangsung pada waktu sekarang. Rumusnya :

Subject + is/am/are + being + past participle

Contoh:
The new computer is being installed.

5. Rumus Passive Voice untuk Present Perfect.

Present Perfect merupakan tense yang dipakai dalam bahasa Inggris untuk menyatakan suatu kejadian, atau peristiwa yang sudah selesai dengan sempurna. Rumus:

Subject + has/have + been + past participle

Contoh:
The market design has been created.

 

 

 

MAGANG: FENI LISTIYANI