Brilio.net - Kalimat bahasa Inggris terkadang terlihat rumit untuk beberapa orang yang tidak terbiasa menggunakannya. Sebenarnya dalam membuat pola kalimat bahasa Inggris sama saja dengan membuat kalimat pola bahasa Indonesia. Polanya yaitu SPOK atau Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan.

Subjek dalam bahasa Inggris biasanya menggunakan I, You, She, He, It, We, dan They. Predikat dalam bahasa Inggris biasanya menggunakan kata kerja (verb), misalnya eat, drink, sing, atau kata kerja lainnya. Objek dalam bahasa Inggris biasanya menggunakan kata benda (noun), misalnya noodle, phone, mirror, dan kata benda lainnya. Terakhir adalah kata keterangan tempat atau waktu, misalnya in the morning, at night, in the classroom, dan lain sebagainya.

Penguasaan dalam pola kalimat sangat penting sekali karena dengan penguasaan yang baik kemungkinan besar kamu akan bisa membaca, menulis, berbicara bahasa Inggris dengan baik layaknya native speaker. Kalimat dalam bahasa Inggris memang terlihat rinci, berbeda saat sedang diucapkan. Berbicara dengan bahasa Inggris orang awam pun akan terasa berbeda daripada masyarakat Inggris yang lain.

Disadari atau tidak, kalimat bahasa Inggris yang sederhana biasanya dipelajari dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Pembelajaran tentang kalimat bahasa Inggris ini dimasukkan ke dalam materi pelajaran bahasa Inggris adalah dengan tujuan agar siswa mampu membaca, menulis, dan menggunakan bahasa Inggris dengan baik, tetapi tidak dengan tujuan untuk melupakan bahasa nasional, bahasa Indonesia.

Berikut brilio.net telah rangkumkan 25 contoh kalimat bahasa Inggris sederhana, lengkap arti dan penjelasan pola kalimatnya, Selasa (4/10).

 

Magang: Ricka Milla Suatin

(brl/tin)