Brilio.net - Ketika mempelajari bahasa Inggris, ada begitu banyak hal yang harus dipelajari agar bisa menguasai bahasa tersebut. Bagian yang paling sulit adalah menguasai grammar bahasa Inggris. Di dalam grammar terdapat bagian yang bernama parts of speech (unsur penyusun kalimat) yang di dalamnya terdapat banyak jenis kata seperti kata kerja (verb) dan jenis kata yang lainnya.

Namun, belajar bahasa Inggris berbeda dengan bahasa Indonesia. Ada aturan-aturan yang harus diterapkan pada setiap pembentukan frasa atau kalimat. Dalam hal kata kerja pun demikian.

Masing-masing kata kerja memiliki fungsi yang berbeda-beda. Seperti yang diketahui, terdapat tiga bentuk kata kerja yaitu verb 1 atau infinitive, verb 2 atau simple past tense, dan verb 3 atau past participle. Untuk mengetahui lebih jauh, simak penjelasan yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (29/9).

Pengertian verb. 

Verb (kata kerja) adalah suatu kata yang berfungsi untuk menunjukkan tindakan dari subjek, menunjukkan peristiwa atau keadaan. Meskipun bertujuan untuk menunjukkan tindakan yang sedang dilakukan oleh subjek dalam kalimat, tetapi verb dalam bahasa Inggris juga bisa untuk menjelaskan suatu kondisi yang terjadi.

Macam-macam verb. 

Verb dapat dikelompokkan menjadi 6 (enam) yaitu transitive dan intransitive verb, regular dan irregular verb, action dan stative verb, finite dan non finite verb, linking verb dan causative verb. Berikut penjelasan singkat dan contoh kalimatnya:

1. Transitive dan intransitive verb.

Transitive verb adalah kata kerja yang diikuti direct object yang menerima aksi dari subjek, sedangkan intransitive verb tidak karena aksi yang dilakukan subjek memang tidak melibatkan direct object.

Transitive verb sendiri harus dipakai bersamaan dengan objek atau benda lain dalam kalimat karena apabila tidak ada objek atau benda lain yang menyertainya, kalimat tersebut tidak akan ada artinya atau tidak memiliki makna.

Akan tetapi, intransitive verb harus berupa kata kerja aktif karena kata kerja aktif tersebut memiliki arti atau pengertian yang lengkap. Umumnya, kalimat yang mengandung intransitive verb tidak dapat menjawab pertanyaan dengan kata “what” atau “who”. Contoh intransitive verb ialah laughed, ran, dan blew.

Contoh transitive verb.

- Buy

- Want

- Send

- Bring

- Hit

Contoh intransitive verb.

- Work

- Come

- Listen

- Sneeze

- Arrive

Contoh kalimat transitive dan intransitive verb.

- He sent me a postcard

(Dia mengirimi saya kartu pos)

- Cheryl often sneezes while cleaning house

(Cheryl sering bersin-bersin ketika membersihkan rumah)

2. Regular dan irregular verb.

Regular verb adalah kata kerja yang mayoritas bentuk past tense(verb 2) dan past participle(verb 3) didapat dengan menambahkan suffix-ed atau -d pada base form (bentuk dasar kata kerja). Berbeda dengan regular verb, bentuk past tense dan past participle irregullar verb lebih bervariasi.

Regular verb terdari dari berbagai macam dan ditandai dengan imbuhan akhiran -ed dalam sebuah kalimat.

Irregular verb bisa berubah bentuk tergantung penggunaannya, apakah itu bentuk verb 1, verb 2, atau verb 3, bahkan tidak berubah sama sekali.

Contoh regular verb.

- Walk

- Live

- Arrive

- Help

- Put

Contoh irregular verb.

- Taste

- Meet

- Come

- Sing

- Run

Contoh kalimat regular dan irregular verb.

- The item arrived late.

(Barang tersebut tiba terlambat).

- They came late.

(Mereka siswa datang terlambat).

 

Magang: Feni Listiyani

(brl/tin)