Brilio.net - Sering tersiar di berbagai portal berita baik cetak ataupun online mengenai lowongan kerja yang sangat sulit didapat. Setiap kali ada sebuah informasi mengenai kabar lowongan pekerjaan, langsung disesaki ribuan pendaftar. Fakta yang menyedihkan adalah dari ribuan pendaftar, hanya satu sampai dua orang yang lolos menjadi pekerja di perusahaan tersebut. Hal itu disebabkan karena banyak sekali pendaftar yang tidak memenuhi kriteria dan kualifikasi persyaratan perusahaan.

Ada begitu banyak dari mereka yang tidak mencamtumkan pengalaman keorganisasian, sosial, dan sebagainya dalam curriculum vitae (CV) dengan poin yang menarik, alhasil HRD tidak melirik para pendaftar itu sebagai subyek yang potensial. Jika kamu adalah seseorang yang sedang mencari pekerjaan atau ingin mempersiapkan persyaratan daftar kerja, kamu bisa menginput berbagai jenis pengalaman organisasi sekolah agar menjadi nilai tambah saat mendaftar lowongan kerja.

Pengalaman organisasi sekolah adalah salah satu aspek penilaian para HRD perusahaan dalam menyeleksi calon pekerjanya. Keaktifan, wawasan, serta kemampuan yang didapatkan dari pengalaman organisasi sebelumnya adalah poin ekslusif yang menjadi pembeda seseorang dengan lainnya. Misalkan saja, ada dua orang pendaftar dari sekolah yang sama, calon pendaftar A dulunya adalah seorang pelajar pasif, setelah selesai sekolah, ia langsung pulang, sedangkan calon pendaftar B dulunya adalah seorang pelajar yang sangat aktif diberbagai organisasi.

Walaupun si pendaftar A memiliki nilai yang sangat bagus dibandingkan si pendaftar B, namun dimata HRD perusahaan pengalaman adalah jauh lebih berharga. Oleh karena itu, kamu perlu memperbanyak pengalaman organisasi sebelum memasuki dunia pekerjaan. Adapun contoh pengalaman organisasi sekolah yang memiliki poin plus, bisa kamu lihat dibawah ini.

Tidak perlu berlama-lama lagi, silakan simak artikel ini hingga habis. Berikut kami 10 contoh pengalaman organisasi sekolah yang paling dicari HRD perusahaan. Seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (29/3).

Contoh pengalaman organisasi sekolah yang paling dicari HRD perusahaan.

Contoh pengalaman organisasi sekolah © berbagai sumber

foto: freepik.com

1. Kepemimpinan dalam organisasi siswa

Contoh pengalaman organisasi sekolah yang paling dicari yakni pengalaman sebagai pemimpin dalam berbagai organisasi siswa. Selain mengikuti organisasi pada umumnya, orang-orang yang mampu memiliki jabatan sebagai pemimpin dalam sebuah organisasi, tentunya memiliki nilai lebih dibandingkan anggota organisasi biasa. Kepemimpinan dalam organisasi siswa yang dimaksud contohnya saja seperti Ketua, Wakil ketua, atau halnya seperti organisasi ekslusif semacam OSIS ataupun MPK di sekolah. Kemampuan dalam memimpin sebuah organisasi, serta kemampuan mengelola dan bekerja sama dalam tim menjadi poin tambah yang sangat baik.

2. Partisipasi dalam proyek kolaboratif

Contoh pengalaman organisasi sekolah selanjutnya yang bisa kamu cantumkan adalah partisipasi dalam berbagai proyek kolaboratif. Keterlibatan dirimu dalam proyek kolaboratif seperti halnya mengelola suatu event sekolah, proyek kerjasama dengan masyarakat, dan juga pengelolaan kegiatan yang melibatkan orang banyak juga termasuk kedalam pengalaman organisasi sekolah yang sangat bagus. Kemampuan mu dalam kerjasama tim dan perencanaan program yang matang menjadi nilai tambah lebih dibandingkan orang-orang lain disekitarmu.

3. Keikutsertaan dalam klub akademik

Keikutsertaan mu menjadi anggota dari klub-klub akademik sekolah seperti halnya klub debat, klub science, klub bahasa, dan sebagainya merupakan contoh dari pengalaman organisasi sekolah yang bisa menjadi nilai tambah bagi dirimu dimata HRD perusahaan. Hal itu disebabkan karena para siswa yang mengikuti klub akademik adalah orang-orang pandai yang mampu berkegiatan dalam lingkungan pembelajaran aktif dan intensif. Tidak banyak siswa diluaran sana yang mampu menghadapi tantangan seperti demikian.

4. Pengalaman dalam program mentoring

Contoh dari pengalaman organisasi yang mampu memukau para HRD perusahaan adalah memiliki pengalaman dalam program mentoring. Program mentoring yang dimaksud adalah sebuah program yang menghadirkan pelatihan (mentoring) mengenai suatu kemampuan khusus ataupun wawasan mendalam terkait suatu objek. Jika kamu pernah menjadi mentor ataupun pelatih dalam program seperti ini, pengalaman mu menunjukkan kemampuan akan memberi dan menerima bimbingan dari orang lain, serta kamu memiliki kemauan untuk berkembang jauh lebih baik dari masa ke masa.

5. Keterlibatan dalam olahraga atau kesenian

Contoh pengalaman organisasi sekolah yang sangat berdampak baik untuk dirimu adalah pengalaman dalam berbagai organisasi ataupun klub olahraga dan kesenian. Seperti halnya keterlibatan dirimu dalam klub sepak bola, klub bulu tangkis, atau seperti halnya klub paduan suara, klub desain grafis, dan masih banyak lagi. Pengalaman mengikuti berbagai organisasi dan klub itu akan memberikanmu kemampuan dalam bekerja dalam tim atau grup, kamu juga memiliki kemampuan dalam mengelola waktu yang baik.

 

(Magang/Zidan Fajri)