Brilio.net - Frasa (phrase) adalah sekelompok kata yang saling berkaitan dan bermakna, namun tidak ada subjek (subject) dan predikat atau kata kerjanya (verb). Dalam sebuah kalimat, frasa berfungsi sebagai pelengkap. Jadi ketika ingin membentuk sebuah kalimat yang bermakna, frasa tidak dapat berdiri sendiri.

Frasa kadang berfungsi sebagai kata sifat, kata depan, atau kata keterangan, semua tergantung kalimatnya. Frasa dalam bahasa Inggris pada umumnya terdiri dari lima jenis, yaitu frasa kata benda, frasa kata kerja, frasa kata sifat, frasa kata keterangan, dan frasa kata depan.

Frasa berfungsi sebagai informasi pelengkap untuk membuat sebuah kalimat menjadi lebih 'hidup' dan bermakna. Frasa bertindak sebagai complement yang memberikan informasi tambahan dari apa yang dilakukan oleh subjek atau pelengkap dari kata kerja.

Agar lebih paham mengenai contoh frasa dalam bahasa Inggris, berikut brilio.net telah rangkumkan dari beberapa sumber kredibel pada Kamis (6/10) 25 contoh frasa dalam bahasa Inggris dan penerapannya menjadi kalimat. Semoga bermanfaat untuk belajar.

1. Contoh frasa kata benda dalam bahasa Inggris (Noun Phrase). 

Frasa kata benda berarti frasa yang berfungsi sebagai kata benda. Frasa ini terdiri dari satu kata benda ataupun sekelompok kata yang berfungsi sebagai kata benda. Contohnya:

- *Plants* need water and sunlight to grow (Tanaman membutuhkan air dan sinar matahari untuk tumbuh).
- Andrew is a very *clever boy* (Andrew adalah anak laki-laki yang sangat cerdas).
- Do you know *the man sitting in the library front door?* (Apa kamu kenal pria yang duduk di depan pintu perpustakaan?)
- *A woman in the window* shouted for help (Seorang wanita di jendela berteriak minta tolong).
- They rent a huge beautiful house (Mereka menyewa sebuah rumah besar yang indah).

2. Contoh frasa kata kerja dalam bahasa Inggris (Verb Phrase). 

Frasa kata kerja berarti frasa yang berfungsi sebagai kata kerja. Frasa ini terdiri dari kata kerja utama dan kata kerja bantu (termasuk modals). Contohnya:

- She *has been studying* since one month ago (Dia telah belajar sejak satu bulan yang lalu).
- My family and I *will be going* to Lombok (Keluargaku dan aku akan pergi ke Lombok).
- They *may have been being punished* (Mereka mungkin telah dihukum).
- The army is going to *blow up* that building with a bomb (Tentara akan meledakkan gedung itu dengan bom).
- We used to be great friends, but after college we began to *grow apart* (Kami dulu berteman baik, tetapi setelah kuliah kami mulai tumbuh terpisah)

 

Magang: Ricka Milla Suatin