Brilio.net - Salah satu materi yang ada di dalam statistik adalah simpangan baku. Simpangan baku yang juga dikenal sebagai standar deviasi adalah ukuran statistik yang digunakan untuk mengukur sejauh mana data dalam satu set data tersebar dari nilai rata-rata (mean) dari set data tersebut. 

Standar deviasi memberikan gambaran tentang sejauh mana titik-titik data tersebar dari nilai rata-rata (mean) dari data tersebut. Semakin besar standar deviasi maka akan semakin besar variasi data. Sebaliknya, jika semakin kecil standar deviasi maka akan semakin sedikit variasi data. Hasil akhir adalah standar deviasi, yang biasanya dilambangkan dengan simbol σ (sigma) untuk populasi atau s (lowercase sigma) untuk sampel.

Simpangan baku dibagi menjadi dua, yakni simpangan baku data tunggal dan simpangan baku data kelompok. Simpangan baku data tunggal adalah ukuran statistik yang mengukur sejauh mana data tunggal atau individu data tertentu tersebar dari nilai rata-rata dari data tersebut.

Nah, untuk mengetahui nilai simpangan baku data tunggal perlu dihitung menggunakan rumus simpangan baku data tunggal. Nah, kali ini brilio.net akan merangkum rumus, fungsi, dan contoh soalnya dari berbagai sumber pada Kamis (12/10).