Brilio.net - Matematika merupakan salah satu ilmu yang menarik untuk dipelajari. Mungkin bagi sebagian orang tidak menyukai matematika karena banyak angka yang rumit.

Namun, jika ditelusuri lebih dalam, mempelajari ilmu matematika bisa melatih otak untuk berpikir logis dan analitis. Misalnya ketika kamu menyelesaikan sebuah soal tentu membutuhkan penalaran, kreativitas, dan strategi yang tepat untuk menyelesai rumus yang diberikan.

Selain menarik, ilmu matematika juga membantu manusia menemukan penemuan baru. Contohnya teorema Pythagoras yang menyatakan hubungan antara sisi-sisi segitiga siku-siku, atau teori relativitas Einstein yang mengubah pandangan kita tentang ruang dan waktu.

Nah, salah satu rumus matematika yang menarik dipelajari adalah rumus luas hexagon atau segi enam. Hexagon adalah sebuah bentuk geometri dua dimensi yang terdiri dari enam sisi yang sama panjang dan enam sudut yang sama besar. Sisi-sisinya membentuk poligon dengan enam segi, dan sudut-sudutnya memiliki besar sudut yang sama, yaitu 120 derajat.

Pada artikel ini, brilio.net mengupas tuntang rumus luas hexagon atau segi enam lengkap dengan karakteristik ciri dan contoh soalnya. Yuk simak penjelasan lengkapnya, dihimpun dari berbagai sumber pada Selasa (10/10).

Karakteristik rumus hexagon (segi enam)

Rumus luas hexagon dan contoh soal © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Segi enam adalah sebuah bangun datar yang memiliki enam sisi dan enam sudut. Ada berbagai jenis segi enam, tetapi yang paling umum adalah segi enam beraturan, yaitu segi enam yang memiliki panjang sisi dan besar sudut dalam yang sama. Segi enam beraturan memiliki simbol Schläfli {6} dan memiliki banyak sifat atau karakteristik menarik, seperti:

1. Keenam Sisi Sama Panjang

Salah satu ciri penting dari hexagon adalah bahwa keenam sisinya memiliki panjang yang sama.

2. Keenam Sudut Sama Besar

Sudut-sudut di dalam hexagon, baik dalam hexagon regular maupun biasa, semuanya memiliki besar sudut yang sama, yaitu 120 derajat.

3. Simetri

Hexagon memiliki simetri berputar sebanyak enam kali. Ini berarti jika Anda memutar hexagon sekitar pusatnya sebanyak 60 derajat, bentuknya akan tetap sama.

4. Diagonal

Hexagon memiliki tiga diagonal yaitu garis yang menghubungkan sudut-sudut non-sejajar. Diagonal-diagonal ini memiliki panjang yang berbeda, dan rumus untuk menghitung panjang diagonal bergantung pada jenis hexagon yang dihadapi.

Rumus luas hexagon (segi enam).

Rumus luas hexagon dan contoh soal © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Rumus luas hexagon berbeda tergantung pada jenis hexagon yang dihadapi. Dua rumus umum yang digunakan adalah:

Untuk hexagon regular (hexagon dengan semua sisi dan sudut yang sama), rumus luasnya adalah:

Luas = (3√3/2) × sisi²

Untuk hexagon biasa (hexagon dengan panjang sisi dan sudut yang beragam), rumus luasnya adalah:

Luas = (3/2) × sisi × tinggi