Brilio.net - Kubus adalah bangun ruang yang memiliki enam sisi berbentuk persegi dan semua rusuknya sama panjang. Kubus juga memiliki delapan titik sudut dan dua belas diagonal. Kubus termasuk dalam bangun ruang sisi datar dan bangun ruang beraturan.

Kubus dapat ditemukan dalam bentuk benda-benda sehari-hari, seperti dadu, rubik, es batu, dan lain-lain. Kubus memiliki beberapa rumus untuk menghitung luas permukaan, volume, diagonal ruang, dan diagonal bidang. 

Soal luas jaring-jaring kubus kerap muncul dalam ujian semester maupun ujian sekolah. Biar kamu paham cara menjawab setiap soal yang diberikan. Yuk simak penjelasan lengkap tentang rumus luas jaring-jaring kubus, lengkap dengan pengertian, ciri dan contoh soal. Brilio.net menghimpun dari berbagai sumber pada Rabu (4/10).

Pengertian dan rumus luas jaring-jaring kubus.

Rumus luas jaring-jaring kubus © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Jaring-jaring kubus adalah gambar bidang datar yang dapat dilipat atau dibentuk menjadi kubus. Jaring-jaring kubus terdiri dari enam buah persegi yang saling berhubungan melalui rusuk-rusuk kubus. Jaring-jaring kubus dapat digunakan untuk mempelajari sifat-sifat kubus, seperti luas permukaan, volume, dan diagonal.

Rumus luas jaring-jaring kubus © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Dalam jaring-jaring kubus, setiap sisi kubus yang terbuka dan datar diwakili oleh sebuah persegi. Ketika melihat jaring-jaring kubus, kamu dapat melihat semua sisi kubus secara terpisah dan bagaimana mereka terhubung satu sama lain dalam bentuk bidang datar.

Pada gambar tersebut terdapat dua jaring-jaring kubus, Pada bagian yang berwarna sama merupakan sisi-sisi kubus yang saling berhadapan. Jaring-jaring kubus tersusun dari enam buah persegi yang sama (kongruen).

Pada jaring-jaring kubus kedua terdapat kode dari I sampai VI. Persegi I berhadapan dengan persegi IV, persegi II berhadapan dengan persegi V, dan persegi III berhadapan dengan persegi VI.