Brilio.net - Kubus adalah ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh enam bidang sisi yang berbentuk persegi dan kongruen. Ruang kubus memiliki 6 sisi, 12 rusuk, dan 8 titik sudut. Ruang kubus juga memiliki beberapa sifat, seperti semua rusuknya sama panjang, semua sudutnya siku-siku, dan semua diagonalnya sama panjang. Kubus punya beberapa rumus untuk menghitung luas permukaan, volume, dan diagonalnya.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang rumus diagonal ruang kubus. Diagonal ruang kubus ini kerap ditemukan dalam soal-soal ujian matematika. Supaya kamu bisa menjawab pertanyaan yang diberikan seputar ruang kubus ini maka penting untuk mempelajari rumus diagonal untuk memperdalam pemahaman tentang ruang kubus.

Berikut penjelasan lengkap tentang rumus diagonal ruang kubus, beserta ciri, contoh soal dan cara pengerjaannya. Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (22/9).

Rumus diagonal ruang kubus.

Rumus diagonal ruang kubus dan contoh soal © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Diagonal ruang kubus adalah garis yang menghubungkan dua titik sudut kubus yang tidak berada pada bidang yang sama. Diagonal ruang kubus juga merupakan garis yang membagi ruang kubus menjadi dua bagian yang sama besar. Diagonal ruang kubus memiliki panjang yang sama untuk semua titik sudut kubus. Diagonal ruang kubus juga memiliki rumus untuk menghitung panjangnya, yaitu:

Diagonal ruang kubus = sisi x akar 3

Rumus ini didasarkan pada teorema Pythagoras, yaitu jika sebuah segitiga siku-siku memiliki sisi-sisi a, b, dan c, maka berlaku:

- a² + b² = c²

Dalam hal ini, diagonal ruang kubus adalah sisi miring (c) dari segitiga siku-siku yang dibentuk oleh diagonal bidang kubus (a) dan sisi kubus (b). Jadi, berlaku:

- (sisi x akar 2)² + (sisi)² = (diagonal ruang kubus)²
- (sisi)² x (2 + 1) = (diagonal ruang kubus)²
- sisi x akar 3 = diagonal ruang kubus