Brilio.net - Operasi aljabar menjadi salah satu materi yang akan kamu temui di sekolah. Apalagi jika kamu kini sedang memasuki jenjang SMP. Materi aljabar masuk ke dalam mata pelajaran matematika kelas tujuh.

Matematika identik dengan angka-angka serta perhitungan. Oleh sebab itu dalam mempelajari matematika pasti akan ada berbagai macam rumus. Tak terkecuali di dalam materi aljabar.

Banyaknya rumus dalam matematika membuat sebagian siswa merasa rumit dan sulit. Tetapi, kamu mau mempelajarinya, kamu tentu akan semakin memahami materi ini. Supaya lebih mudah, kamu juga bisa mempelajarinya dari rumus dasar hingga menggunakan contoh soal.

Buat yang tertarik untuk mempelajari rumus aljabar, berikut kumpulan rumus aljabar dalam matematika, lengkap dengan contoh soal dan pembahasannya, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (15/9).

Kumpulan rumus aljabar dalam matematika © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Pengertian aljabar

Aljabar adalah cabang matematika yang berfokus pada manipulasi simbol dan ekspresi matematis untuk memahami dan memecahkan berbagai soal. Aljabar memungkinkanmu untuk bekerja dengan angka, variabel, dan operasi matematika (seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) untuk menganalisis situasi yang kompleks.

Dalam aljabar, kamu menggunakan huruf (variabel) untuk mewakili nilai yang tidak diketahui atau dapat berubah, sehingga kita dapat mencari solusi untuk berbagai permasalahan.

Kumpulan rumus aljabar dalam matematika © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Kumpulan rumus aljabar.

1. Rumus aljabar persamaan linear

Persamaan linear adalah persamaan matematika yang berbentuk ax + b = c, di mana a, b, dan c adalah konstanta, dan x adalah variabel yang kita cari. Berikut adalah rumusnya:

ax + b = c

Contoh Soal:

Tentukan nilai x dalam persamaan berikut: 3x + 5 = 14.

Pembahasan:

Kita ingin mencari nilai x. Pertama-tama, kurangkan 5 dari kedua sisi persamaan:

3x + 5 - 5 = 14 - 5
3x = 9

Selanjutnya, bagi kedua sisi dengan 3:
(3x) / 3 = 9 / 3
x = 3

Jadi, x = 3.