Brilio.net - Nggak sedikit orang yang beranggapan pelajaran matematika merupakan pelajaran yang membosankan dan rumit. Bagaimana tidak? kamu diminta mempelajari berbagai angka dan bentuk yang diramu dalam berbagai rumus dan perhitungan yang kompleks.

Ada banyak hal yang bakal kamu pelajari dalam matematika. Salah satunya yakni menghitung ukuran luas atau volume bangun tertentu. Mulai dari bangun datar hingga bangun ruang, bakal kamu temukan dalam pelajaran matematika di setiap jenjang pendidikan.

Nah, kali ini kamu akan mempelajari tentang luas bujur sangkar. Layaknya bentuk geometri lainnya yang memiliki rumus keliling dan luas. Bujur sangkar juga memiliki perhitungannya tersendiri dan rumus yang mudah diingat. Supaya lebih mudah memahami materi bujur sangkar ini, simak ulasan lengkapnya yang disajikan dalam artikel ini.

Tunggu apalagi, berikut rumus luas bujur sangkar, lengkap dengan pengertian, contoh soal, dan cara pengerjaannya. Brilio.net menghimpun dari berbagai sumber, Selasa (12/9).

Pengertian luas bujur sangkar.

Rumus luas bujur sangkar dan contohnya © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Bujur sangkar adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh empat buah rusuk yang sama panjang dan memiliki empat buah sudut yang semuanya adalah sudut siku-siku atau 90°.

Bujur sangkar merupakan salah satu jenis dari segi empat, yaitu bangun datar yang memiliki empat sisi. Bujur sangkar juga memiliki dua buah diagonal yang sama panjang dan saling membagi sudut-sudutnya menjadi dua.

Sementara, luas bujur sangkar dapat dihitung dengan mengalikan panjang sisi dengan panjang sisi. Rumus untuk menghitung luas bujur sangkar adalah:

Rumus luas bujur sangkar dan contohnya © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

L = s × s

Di mana:
L adalah luas bujur sangkar
s adalah panjang sisi

Ciri-ciri bujur sangkar.

Rumus luas bujur sangkar dan contohnya © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

- Memiliki empat sisi yang sama panjang

- Memiliki dua pasang sisi yang saling sejajar

- Memiliki empat sudut yang sama besar, yaitu 90° atau siku-siku

- Memiliki dua diagonal yang sama panjang

- Memiliki empat sumbu simetri lipat

- Memiliki empat sumbu simetri putar