Brilio.net - Mungkin kamu sudah nggak asing lagi dengan konsep juring lingkaran. Juring lingkaran merupakan bagian dari lingkaran yang dibatasi oleh  sebuah busur lingkaran. Setiap juring lingkaran pasti memiliki luas dan keliling yang dapat dihubungkan dalam sebuah nilai matematika.

Nah, bentuk juring lingkaran sebenarnya sangat familiar dalam kehidupan kita. Misalnya, potongan pizza kipas angin, roda, jam analog, dan beberapa benda lainnya cenderung memiliki potongan yang mirip dengan juring lingkarang.

Seperti halnya bentuk persegi, segitiga, lingkaran, dan berbagai bentuk lainnya, juring lingkaran memiliki rumusnya tersendiri. Termasuk keliling juring lingkaran ini. Untuk menghitung keliling juring lingkaran kamu perlu memahami dan mengingat konsep rumusannya, supaya tidak kebingungan menyelesaikan soal-soal diberikan di sekolah.

Tunggu apa lagi? Berikut cara menghitung keliling juring lingkaran, lengkap dengan pengertian, sifat, dan contoh soalnya, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (9/9).

Pengertian keliling juring lingkaran.

Cara menghitung keliling juring lingkaran © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Juring adalah bagian dari lingkaran yang dibatasi oleh dua buah jari-jari (radius) lingkaran dan busur lingkaran yang menghubungkannya. Keliling juring lingkaran adalah ukuran panjang busur lingkaran dan dua garis singgung yang membentuk juring lingkaran. Mencari keliling juring lingkaran berarti mencari jumlah panjang lengkung busur lingkaran dan dua bagian jari-jari yang membentuk juring tersebut.