Brilio.net - Rumah merupakan salah satu bentuk prisma yang sering ditemui setiap hari. Prisma adalah bangun ruang yang memiliki bidang alas serta bidang atas sejajar dan kongruen. Mengapa sejajar dan kongruen? Itu karena sisi yang lainnya adalah berupa sisi tegak berbentuk persegi panjang ataupun jajar genjang.

Prisma memiliki beberapa jenis, seperti prisma segitiga, prisma segiempat, prisma segilima, dan lain-lainnya. Prisma juga memiliki rumus untuk menghitung luas permukaan dan volume. Untuk menghitung rumus luas permukaan prisma, kamu hanya perlu mengingat rumus dan alur penyelesaiannya.

Di mana ketika mencari jumlah luas permukaan prisma, kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu nilai luas alas dan luas selimut suatu bidang prisma. Prinsip prisma ini tak jauh berbeda dengan rumus limas, yang membedakan adalah luas alas dikalikan dengan dua.

Nah, supaya kamu nggak bingung cara menghitung rumus luas permukaan prisma. Berikut cara menghitung rumus luas permukaan prisma, lengkap dengan jenis dan contoh soalnya, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (6/9).