Brilio.net - Dalam pelajaran matematika, segitiga dikenal sebagai salah satu bangun datar yang memiliki tiga sisi. Selain tiga sisi, segitiga juga memiliki beberapa jenis atau bentuk. Misalnya untuk jenis segitiga terbagi dalam segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, segitiga siku-siku, dan segitiga sembarang.

Nah, setiap jenis segitiga ini memiliki ukuran sudut yang berbeda. Ketika kamu ingin mencari luas segitiga, maka kamu perlu mengetahui ukuran setiap sisi serta sudut segitiga tersebut. Untuk menghitung luas segitiga ada rumusnya tersendiri, jadi kamu nggak perlu bingung bagaimana cara mencarinya. Dengan mengingat rumus luas segitiga akan mempermudah kamu untuk menghitung nilai luas segitiganya.

Cara menghitung rumus luas segitiga tidak terlalu sulit kok, berikut brilio.net beri ulasan lengkap cara menghitung rumus luas segitiga serta pengertian, ciri, dan contoh soalnya. Menghimpun dari berbagai sumber, Selasa (29/8).

Pengertian luas segitiga.

cara menghitung rumus luas segitiga © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Luas segitiga adalah ukuran bidang dua dimensi yang terletak di dalam segitiga. Segitiga adalah bentuk geometris dengan tiga sisi dan tiga sudut. Luas segitiga menggambarkan seberapa besar wilayah yang ditempati oleh segitiga tersebut di bidang datar.

Rumus umum untuk menghitung luas segitiga tergantung pada informasi yang ada mengenai segitiga tersebut. Terdapat beberapa rumus yang berbeda tergantung pada jenis informasi yang diketahui:

1. Luas Segitiga dengan Alas dan Tinggi

Jika kamu memiliki panjang alas (a) dan tinggi (h) segitiga, rumus luasnya adalah:

Luas = 0.5 × alas × tinggi
Luas = 0.5 × a × h

Di sini, "0.5 × alas × tinggi" mewakili setengah dari hasil kali panjang alas dan tinggi segitiga.

2. Luas Segitiga dengan Panjang Dua Sisi dan Sudut di antara Kedua Sisi tersebut.

Perumpamaan memiliki panjang dua sisi (a dan b) dan besar sudut (θ) di antara sisi-sisi tersebut, rumus luasnya adalah:

Luas = 0.5 × a × b × sin(θ)

Di sini, "sin(θ)" adalah sinus dari sudut θ dalam satuan sudut.

3. Luas Segitiga dengan Panjang Ketiga Sisi Menggunakan Rumus Heron.

Apabila memiliki panjang ketiga sisi segitiga (a, b, c), kamu dapat menggunakan rumus Heron untuk menghitung luasnya:

Luas = √[s × (s - a) × (s - b) × (s - c)]

Dimana, "s" adalah semi-perimeter segitiga, yang dihitung dengan menjumlahkan setengah dari panjang setiap sisi: s = (a + b + c) / 2.