Brilio.net - Matematika seringkali dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit. Padahal jika dipahami dengan baik tidak sesulit yang dibayangkan kok. Seperti pelajaran luas lingkaran ini.

Untuk memahami rumus luas lingkaran kamu perlu memahami bagian-bagian yang terdapat dalam luas lingkaran seperti mana yang disebut jari-jari, diameter, maupun titik-titik yang terdapat dalam luas lingkaran tersebut.

Secara sederhana, luas lingkaran merupakan bangun datar yang mempunyai satu sisi lengkung dan membentuk sudut 360 derajat. Nah, jarak di setiap titik sisi luar lingkaran dengan titik pusat lingkaran memiliki nilai yang sama. Dan dikenal dengan sebutan jari-jari (r) atau dibaca radius.

Nah supaya kamu lebih memahami rumus luas lingkaran ini, berikut disajikan ulasan lengkap tentang luas lingkaran, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (29/8).

 

Pengertian rumus luas lingkaran.

Rumus luas lingkaran lengkap dengan pengertian dan contoh soal © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Lingkaran adalah bentuk geometri yang memiliki sifat khas, yaitu terdiri dari semua titik yang memiliki jarak yang sama terhadap titik tertentu yang disebut pusat lingkaran. Jarak ini disebut jari-jari (r) lingkaran. Luas lingkaran adalah ukuran dari wilayah atau area yang tercakup oleh bagian dalam lingkaran.

Rumus umum untuk menghitung luas lingkaran adalah:

Luas = π × r²

Di mana:
- Luas adalah luas lingkaran yang ingin dihitung.
- π (pi) adalah konstanta matematika yang berkisar sekitar 3.14159. Ini adalah perbandingan antara keliling lingkaran dan diameternya.
- r adalah panjang jari-jari lingkaran.

Rumus ini menggambarkan bahwa luas lingkaran secara proporsional tergantung pada kuadrat jari-jari lingkaran. Semakin besar jari-jari lingkaran, semakin besar p pula.

Penting untuk diingat bahwa dalam praktiknya, kamu mungkin akan menggunakan nilai perkiraan untuk π seperti 3.14 atau 22/7, tergantung pada tingkat ketelitian yang dibutuhkan.

Misalnya, jika kamu memiliki lingkaran dengan jari-jari sepanjang 7 cm, maka luasnya dapat dihitung sebagai berikut:

Luas = π × (7 cm)² = 3.14 × 49 cm² ≈ 153.86 cm²

Jadi, luas lingkaran tersebut adalah sekitar 153.86 cm².