Brilio.net - Persegi panjang memang bentuk yang tak asing lagi bagi hampir semua orang. Sejak sekolah dasar, kamu sudah diperkenalkan dengan bentuk dan konsep persegi panjang. Dalam pelajaran matematika, persegi panjang merupakan salah satu bentuk geometris yang memiliki sifat khusus.

Umumnya, persegi panjang merupakan bangun datar yang terdiri dari empat sudut, empat sisi, dan masing-masing sudutnya berukuran 90 derajat atau siku-siku. Sementara diagonal persegi panjang saling berpotongan dan membagi diagonal menjadi sama panjang.

Dalam kehidupan sehari-hari, bentuk persegi panjang dapat kamu temukan di sekitar. Seperti TV, laptop, papan tulis, meja, buku, bendera, jendela, dan berbagai bentuk persegi panjang lainnya.

Sementara itu, rumus luas persegi panjang digunakan untuk mengetahui ruang yang bisa diisi dari persegi panjang tersebut. Untuk lebih memahami tentang rumus luas persegi panjang, berikut disajikan rumus luas persegi panjang dan contoh soal serta penyelesaiannya, yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (30/8).