Brilio.net - Perbandingan dalam Matematika memang dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai. Kedua jenis perbandingan ini tentunya berbeda, mulai dari pengertian, rumus, hingga contoh soalnya. Nah jenis perbandingan Matematika yang akan saya bahas ini berhubungan dengan perbandingan senilai.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa ketika dibangku sekolah para siswa telah diajarkan mengenai materi perbandingan senilai dalam ilmu Matematika. Materi perbandingan secara umum tergolong dalam kategori aritmatika. Untuk itu perbandingan dapat diartikan sebagai usaha dengan menggunakan rumus perbandingan untuk membandingkan dua objek atau lebih. Beberapa hal yang dibandingkan dapat berbentuk nilai pelajaran, perselisihan umur, berat badan dan lain lain.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/10).

Pengertian perbandingan senilai

Perbandingan senilai merupakan perbandingan dua atau lebih besaran (besaran berlainan jenis) yang apabila salah satu nilai besaran bernilai besar, maka nilai besaran lainnya juga akan semakin besar. Perbandingan senilai melibatkan dua nilai besaran. Jika salah satu nilai besaran bertambah besar, maka nilai besaran yang lain juga akan bertambah besar.

Rumus Perbandingan senilai

Berikut rumus perbandingan senilai:

11 Contoh soal perbandingan senilai dan jawaban, mudah banget © 2022 brilio.net



foto: rumusrumus.com

Ciri-ciri perbandingan senilai

- Nilai perbandingan kedua besaran tetap.

- Pada grafik perbandingan senilai berupa garis lurus yang perpanjangannya melalui titik koordinat (0,0)

- Pada perbandingan senilai, hubungan dua besaran (x dan y) dapat dituliskan dengan bentuk persamaan y = kx.