Brilio.net - Ketika duduk dibangku Sekolah Dasar (SD), tentunya akan banyak sekali mendapatkan materi dari beberapa mata pelajaran. Salah satunya adalah mata pelajaran Matematika. Ilmu Matematika sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari, termasuk materi Porogapit.

Kata porogapit dalam bahasa Jawa dapat dibagi menjadi dua kata yaitu “Poro” berarti bagi dan “Gapit” berarti dijepit. Untuk itu istilah porogapit dapat diartikan sebagai pembagian yang dijepit. Porogapit merupakan bagian pecahan yang menunjukkan pembagian. Porogapit umumnya digunakan untuk membagi sesuatu dengan sama rata.

Semasa sekolah, setiap siswa tidak dibolehkan untuk membawa serta menggunakan kalkulator ketika menyelesaikan soal-soal pembagian serta perkalian. Metode porogapit tersebut memang merupakan cara sederhana untuk melakukan pembagian bilangan ataupun suatu pecahan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ulasan terkait contoh soal porogapit kelas 3 yang bisa dipelajari dengan mudah. Semua telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis, (20/10).

Contoh soal porogapit kelas 3 © 2022 brilio.net

foto: unsplash.com