Brilio.net - Materi matematika yang kerap ditemukan adalah tentang luas permukaan balok. Ruang tiga dimensi yang kerap ditemukan dalam kehidupan sehari-hari ini memiliki panjang, tinggi, dan volume.

Nah, dalam memahami rumus luas permukaan balok ternyata tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu memahami tentang konsep dasar balok yang memiliki rumus paten untuk mencari luas permukaan balok itu sendiri. Selain itu, penting dipahami bahwa permukaan balok memiliki sifat dan bentuk yang khas, yaitu 6 sisi berbentuk persegi panjang, 12 rusuk dengan panjang yang berbeda, dan 12 diagonal bidang.

Balok juga memiliki 4 diagonal ruang dan 6 bidang diagonal persegi panjang. Nah dari setiap sisi, bentuk, dan diagonal ini akan menghasilkan rumus luas permukaan balok yang paten. Langsung saja, berikut rumus luas permukaan balok, lengkap dengan contoh soal dan penyelesaiannya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (30/8).

Rumus luas permukaan balok.

Rumus luas permukaan balok dan contoh soalnya © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Rumus luas permukaan balok adalah suatu formula matematis yang digunakan untuk menghitung luas total dari semua sisi yang membentuk permukaan luar balok. Merujuk buku pelajaran Kapita Selekta Matematika SMP, luas permukaan balok merupakan total luas seluruh sisi pada sebuah balok. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bentuk dan ukuran setiap sisinya.