Brilio.net - Matematika merupakan salah satu ilmu yang sangat penting dan berguna dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam menunjang ilmu pengetahuan dan teknologi. Mengingat pentingnya matematika, wajar jika sejak dini sudah diajarkan dasar-dasar matematika. Yakni mulai dari sekolah dasar (SD) yang nantinya digunakan sebagai landasan untuk jenjang yang lebih tinggi.

Karena itu, dalam upaya mendukung peningkatan mutu pendidikan, pembelajaran matematika sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah dasar harus diupayakan agar matematika betul-betul dikuasai siswa dengan baik.

Materi perkalian matematika © 2022 Istimewa

foto: pixabay.com 

Salah satu keterampilan matematika yang harus dikuasai siswa SD adalah kemampuan pengoperasian perkalian. Perkalian merupakan proses aritmatika dasar di mana satu bilangan dilipatgandakan sesuai dengan bilangan pengalinya. Menurut Auliya (2009:8) perkalian merupakan operasi penjumlahan yang diulang-ulang. 

Contoh pengoperasian perkalian: 4 x 5 = 5 + 5 + 5 + 5 = 20

Dibandingkan dengan penjumlahan dan pengurangan, banyak yang bilang operasi perkalian itu lebih sulit. Namun, jika telah paham dengan caranya, maka akan lebih mudah mengerjakannya. Untuk itu, sangat penting untuk terus berlatih soal-soal perkalian. Agar lebih memahami operasi perkalian, berikut ulasannya yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (28/9).