Brilio.net - Sejak kecil kita telah diperkenalkan dengan berbagai bentuk benda-benda sekitar kita. Misalnya bentuk kotak, segitiga, persegi panjang, atau benda dengan bentuk bulat.

Nah, dalam perhitungan ilmu matematika, benda dengan bentuk bulat umumnya dikenal dengan sebutan bola. Permukaan bola adalah himpunan titik-titik yang berjarak sama dari satu titik pusat dalam ruang tiga dimensi. Permukaan bola juga disebut sebagai kulit bola atau selimut bola.

Bisa dikatakan permukaan bola merupakan objek geometri dua dimensi yang membentuk batas dari bola, yaitu bangun ruang tiga dimensi yang terdiri dari titik-titik yang berjarak kurang dari atau sama dengan jari-jari dari titik pusatnya.

Untuk menghitung rumus luas permukaan bola nggak terlalu sulit kok. Kamu hanya perlu memahami konsep rumusnya maka akan lebih mudah menjawab soal-soal tentang luas permukaan bola ini.

Berikut cara menghitung rumus luas permukaan bola dan contoh soalnya, yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (4/9).

Pengertian rumus luas permukaan bola.

Cara menghitung rumus luas permukaan bola © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Dapat diamati bahwa pada gambar (a) menunjukkan bentuk setengah lingkaran yang apabila diputar hinggga satu putaran penuh atau mencapai 360 derajat, dari titik A ke B, B ke A maka memperoleh sebuah bangun bulat yang terdapat pada gambar (b). Bulatan tersebut dikenal dengan permukaan bola.

Permukaan bola adalah bagian luar dari objek tiga dimensi yang disebut bola atau sphere. Permukaan bola adalah bidang datar atau kurva yang mengelilingi bola dan terdiri dari semua titik di sekitar bola yang memiliki jarak yang sama dari titik pusatnya. Dengan kata lain, permukaan bola adalah "lapisan" atau "kulit" bola yang menyusun batas atau tepinya.

Ciri-ciri permukaan bola adalah sebagai berikut:

1. Semua Titik Sama Jauh:

Dari pusat bola ke setiap titik di permukaannya, jaraknya sama. Ini berarti setiap titik di permukaan bola memiliki jarak yang sama dengan radius bola.

2. Bidang Tak Berbatas

Permukaan bola adalah bidang yang tak berbatas dan bersifat kontinu. Kamu tidak dapat menunjukkan titik akhir pada permukaan bola karena setiap titik pada bola memiliki titik yang sejajar dengannya pada permukaan tersebut.

3. Bidang Dua Dimensi

Meskipun bola adalah objek tiga dimensi, permukaan bola adalah bidang datar dua dimensi yang membungkus bola.

Dalam matematika, luas permukaan bola dapat dihitung menggunakan rumus berikut:

Luas Permukaan Bola = 4πr²

Di mana:
- "Luas Permukaan Bola" adalah luas total dari permukaan bola.

- "π" adalah pi (sekitar 3,14159).

- "r" adalah radius bola, yaitu jarak dari pusat bola ke titik mana pun pada permukaannya.