Brilio.net - Dalam matematika, kamu bakal mengenal berbagai bentuk bidang datar. Mulai dari persegi, persegi panjang, lingkaran, segitiga, trapesium dan jajar genjang. Bidang datar ini dibedakan dari bentuk yang menjadi ciri khasnya. Ada sisi-sisi yang membatasi bidang datar ini sehingga luas di dalamnya ataupun keliling bidang bisa diukur dengan rumus matematika.

Jajar genjang merupakan bidang datar yang menyerupai ketupat. Kalau kamu biasa melihat ketupat, artinya kamu sudah melihat bentuk jajar genjang dalam dunia nyata. Sama seperti bidang datar pada umumnya, jajar genjang juga memiliki berbagai rumus yang bisa digunakan untuk menghitung luas, sudut hingga kelilingnya.

Kalau kamu belajar matematika di sekolah, kamu pasti bakal belajar soal jajar genjang. Nah, untuk membantu kamu menyelesaikan soal yang berhubungan dengan jajar genjang, kamu bisa menyimak deretan rumus yang telah dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (1/9) berikut ini.

Pengertian jajar genjang.

Rumus jajar genjang dan contoh soalnya © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Jajar genjang adalah suatu bentuk bangun datar yang memiliki ciri-ciri utama berupa dua pasang sisi sejajar, dengan panjang yang sama dan sudut-sudut yang berhadapan juga memiliki ukuran yang sama. Dengan kata lain, jajar genjang adalah segi empat dengan dua pasang sisi sejajar, dan pasangan sudut yang berhadapan memiliki ukuran yang sama.

Ciri-ciri yang membedakan jajar genjang dari bentuk segi empat lainnya adalah adanya dua pasang sisi yang sejajar dan sudut yang berhadapan yang memiliki ukuran yang sama. Dua pasang sisi yang sejajar ini disebut "sisi sejajar," sedangkan dua sudut yang berhadapan dan memiliki ukuran yang sama disebut "sudut berhadapan."

Sifat jajar genjang:

1. Sisi sejajar.
Jajar genjang memiliki dua pasang sisi yang sejajar dengan panjang yang sama.

2. Sudut berhadapan.
Jajar genjang memiliki dua pasang sudut yang berhadapan dan memiliki ukuran yang sama.

3. Diagonal.
Jajar genjang memiliki dua diagonal yang saling memotong di titik tengah. Diagonal ini tidak hanya memotong pada titik tengah, tetapi juga membagi sudut berhadapan menjadi dua sudut yang sama besar.

4. Sifat sudut dalam.
Jumlah dari dua sudut dalam jajar genjang adalah 180 derajat, sama seperti segitiga.

5. Sifat Luas.
Luas jajar genjang dapat dihitung dengan mengalikan panjang alas dan tingginya.