Brilio.net - Sejak sekolah dasar kamu pasti sudah diperkenalkan dengan bentuk-bentuk geometri bukan? Tahu nggak sih, kalau setiap bentuk geometri mempunyai rumus untuk menghitung ukurannya? Nah, salah satu bentuk geometri yang paling sering kamu temui adalah persegi panjang.

Persegi panjang adalah bangun datar yang memiliki empat sisi dan empat sudut siku-siku. Persegi panjang juga memiliki dua sisi yang disebut panjang dan dua sisi yang disebut lebar. Dalam artikel ini, kamu akan belajar tentang rumus keliling persegi panjang dan cara menggunakannya dalam soal matematika.

Keliling persegi panjang merupakan ukuran dari panjang tepi atau batas suatu bangun datar. Rumus keliling ini bisa digunakan untuk menghitung berapa banyak tali yang dibutuhkan untuk mengelilingi suatu bangun datar, atau berapa banyak cat yang dibutuhkan untuk mengecat garis tepi suatu bangun datar.

Langsung saja, berikut rumus keliling persegi panjang, beserta sifat, ciri, contoh soal, dan cara penyelesaiannya. Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (7/9)

Keliling persegi panjang.

Rumus keliling persegi panjang dan contoh soalnya © 2023 brilio.net

Rumus keliling persegi panjang dan contoh soalnya
Istimewa

Persegi panjang adalah bangun datar dua dimensi yang memiliki dua pasang sisi yang sejajar dan sama panjang, serta memiliki empat sudut yang berbentuk siku-siku atau 90°. Selain itu, persegi panjang juga memiliki garis diagonal yang sama panjang. Persegi panjang adalah salah satu contoh dari segi empat, yaitu bangun datar yang memiliki empat sisi.

Sementara, keliling persegi panjang adalah jumlah panjang dari semua sisinya. Persegi panjang memiliki dua pasang sisi yang sejajar dan sama panjang, yaitu panjang (p) dan lebar (l). Rumus untuk menghitung luas persegi panjang adalah:

L = p × l

Keterangan:
L = Luas persegi panjang
p = panjang
l = lebar

Sedangkan, rumus untuk menghitung keliling persegi panjang:

K = 2 x (p x l)

Selanjutnya, rumus untuk menghitung diagonal persegi panjang:

d = √p² + l²

Keterangan:
p = panjang
l = lebar